04 Apr

Ujian Dinas Jangan Dianggap Remeh! Pesan Kabid Perencanaan BKD Pada Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah di Kabupaten Lembata

Lewoleba, -BKD.NTTPROV.GO.ID- Bertempat di Kantor BKDPSDM Kabupaten Lembata, rangkaian pelaksanaan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah selama 2 hari dimulai.  Rabu, 23/04/2019, para peserta mendapatkan pengarahan tentang pelaksanaan ujian. Frederikus Zainul Patty Lagawurin, SH selaku Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembanan SDM Kab Lembata membuka kegiatan tersebut dengan menyampaikan informasi jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 34 orang terdiri dari UD TK.II sebanyak 14 orang, UD TK.I sebanyak 12 dan Ujian Penyesuaian Ijazah S-1 sebanyak 8 Orang. Selain itu beliau juga mengingatkan peserta ujian akan pentingnya agenda ini bagi PNS.

Senada dengan itu, Kabid Perencanaan Pendidikan dan Sistem Informasi Kepegawaian BKD NTT, Fransiskus A. Wotan, S.Sos menegaskan kepada peserta agar serius mengikuti ujian. “Ujian Dinas Jangan Dianggap Remeh” ujarnya. Peserta sangat mungkin tidak lulus jika soal-soal ujian tidak jawab dengan baik. Lebih khusus beliau mengingatkan pentingnya menjawab soal essay. “Jika ada soal essay yang tidak dijawab maka panitia pemeriksa akan kesulitan memberi anda nilai, lanjutnya.

Selanjutnya, para peserta mendengarkan dengan seksama materi kisi-kisi soal yang di sampaikan oleh Antonius Harry Mautaek, S.IP selaku panitia ujian dari BKD Provinsi NTT. Dalam kisi-kisi yang dibacakan, para peserta harus mempersiapkan beberapa materi ujian seperti Pancasila, UUD’45 dan Reformasi Pembangunan. Selain itu terdapat juga materi Kepegawaian dan KORPRI, Perkantoran, Kepemimpinan, Bahasa Indonesia, Sejarah dan Politik. Dengan memberikan materi tersebut diharapkan peserta mampu mempersiapkan diri dengan lebih fokus untuk dapat mengerjakan soal ujian sebanyak 100 nomor termasuk soal pilihan ganda dan essay.

Para Peserta Ujian Dinas TK II secara khusus diwajibkan untuk membuat karya tulis dengan tema-tema yang telah ditentukan panitia dan tulisan ilmiah tersebut juga turut menentukan kelulusan bagi peserta. Topik makalah yang dipilih mencakup 5 hal pokok yaitu disiplin PNS, Netralitas PNS dalam Pemilu, Strategi Peningkatan SDM, Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan tentang Penerapan e-Government di Pemerintahan. Sesi hari pertama ditutup dengan foto bersama panitia Ujian Provinsi NTT dan Kabupaten Lembata bersama Para peserta.

Dihari ke-2, Kamis 24/04/2019, Para peserta antusias hadir dan mengikuti tes. Berlokasi di SMA PGRI Swastika Lewoleba, pelaksanaan ujian dimulai tepat pukul 08.00. Diawali dengan membacakan tata tertib ujian para peserta kemudian mengerjakan soal-soal ujian hingga berakhir pada pukul 10.00. Salah seorang peserta UD TK II, Silvester Silibaki S.Pd yang menduduki jabatan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan, mengaku senang telah menyelesaikan ujian namun juga mengeluhkan banyaknya soal essay dan soal aritmatika yang harus dikerjakan selama 2 jam tersebut.

Sesi ujian hari kedua diakhiri dengan pemusnahan soal-soal ujian yang telah digunakan peserta dan secara keseluruhan pelaksanaan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah di kabupaten Lembata telah terselenggara dengan baik. Setelah itu, Lembar jawaban ujian yang telah dikerjakan peserta akan dibawa ke Kupang untuk di periksa dan diberi nilai oleh Panitia Ujian Provinsi. Para peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Sertifikat Tanda Lulus Ujian Dinas (STILUD) sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat atau penyesuaian ijazah Pegawai Negeri Sipil.

Bersamaan dengan pelaksanaan ujian di Kabupaten Lembata, pada periode April 2019, BKD Provinsi NTT juga menyelenggarakan kegiatan serupa di 4 kabupaten lain yaitu Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat dan Kabupaten Sabu Raijua. Pelaksanaan ujian periode pertama ini dibagi dalam 5 Rayon sesuai  wilayah dan jadwal pelaksanaan yang telah ditentukan panitia sehingga diharapkan para PNS yang akan naik pangkat melalui mekanisme ujian dinas pada periode Oktober 2019 dapat difasilitasi dengan baik.

(* Facun Baur)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top