02 Dec 22

Siapkan Diri, Beasiswa AAI akan dibuka Februari Tahun 2023

Kota Kupang, www.bkd.nttprov.go.id - Pada hari Kamis tanggal 1 Desember 2022 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT selaku Pemerintah Daerah yang memiliki tugas dan fungsi teknis pada bidang Pendidikan Pegawai Negeri Sipil diundang untuk menghadiri Pertemuan Pengenalan Program Australia Awards in Indonesia (AAI) di Aston Kupang Hotel & Convention Center. Pada kesempatan ini telah hadir mewakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT adalah Fransiskus A. Wotan, S.Sos Kepala Bidang Perencanaan Pendidikan dan Sistem Informasi Pegawai dan Eventiany I. Lamataro, SSTP., MPP Plh. Sub Koordinator Substansi Pendidikan Aparatur.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Australia Awards in Indonesia (AAI) dengan tujuan untuk menyampaikan informasi program beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Australia yang menawarkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 (Master), S3 (Doktor) dan kursus-kursus singkat (Shortcourses) pada perguruan tinggi di Australia. Ada juga penawaran Split-Site Master Program yang mana perkuliahan akan di laksanakan di dua lokasi yakni di Indonesia (1 Tahun) dan di Australia (1 Tahun) dengan mendapatkan dua gelar master pada akhir masa studi. Pada fase yang baru ini beasiswa AAI memberikan dukungan pada Kelompok Sasaran Pemerataan (Equity Target Groups) yang mana menargetkan pelamar dari berbagai lini organisasi antara lain pegawai pemerintahan, pegawai/ dosen pada universitas dan pegawai NGO (Non-Governmental Organization) dan memberikan kesempatan luas bagi pelamar dengan disabilitas secara fisik maupun psikologi dan perempuan dengan kategori tertentu.

Beasiswa AAI akan dibuka pada bulan Februari Tahun 2023 dengan intake perkuliahan pada Tahun 2024. Setelah lulus seleksi beasiswa, pihak AAI akan memberikan kursus persiapan keberangkatan dengan waktu yang berbeda bagi setiap orang berdasarkan level kemampuan berbahasa Inggris yang diukur berdasarkan hasil test TOEFL atau IELTS pelamar dan test lain yang di selenggarakan oleh AAI selaku pemberi beasiswa.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur di tengah keterbatasan anggaran untuk alokasi pendidikan PNS sangat mendukung dan mengapresiasi Pemerintah Australia yang dalam kurun waktu tiga puluh tahun terakhir telah memberikan dukungan kepada Pemerintah Nusa Tenggara Timur dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi masyarakat NTT. Program beasiswa ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hubungan antara dua Negara (Indonesia dan Australia) selain itu juga memiliki peran besar dan telah berkontribusi dalam meningkatkan sumber daya manusia di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Penulis

Eventiany I. Lamataro, SSTP.,MPP

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top