26 Sep 22

Pemerintah Provinsi NTT terima penghargaan PDM terbaik dari Badan Kepegawaian Negara

BKD.NTTPROV.GO.ID,- Pada kegiatan Sosialisasi Sistem Kepegawaian Nasional dan Sistem Kinerja Nasional Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (Kamis, 8/9/2022) di Bali, Pemerintah Provinsi NTT menerima piagam penghargaan atas pencapaian approval Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) terbaik sebesar 97.35% di wilayah kerja NTT.

Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data. Pelaksanaan PDM ini berdasarkan pada Peraturan Kepala BKN No. 87 tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan Pejabat Pimpinan Tinggi No ASN Secara Elektronik.  Dalam proses ini terdapat beberapa data kepegawaian yang harus diupdate oleh masing-masing ASN seperti: Riwayat Jabatan, Riwayat SKP (2 tahun terakhir), Riwayat Penghargaan, Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang, Riwayat Keluarga, Riwayat Peninjauan Masa Kerja, Riwayat CLTN, Riwayat CPNS/PNS dan Riwayat Organisasi.

Jadwal pelaksanaan pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT non ASN tahun 2021 berlangung mulai bulan juli sampai bulan Oktober 2021 dan dapat diperpanjang sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi. Proses verifikasi dan persetujuan data dilakukan sampai akhir bulan Januari 2022 dan dapat diperpanjang sesuai hasil monitoring dan evaluasi. Dalam PDM-ASN ini pihak yang terlibat antara lain Pengguna (ASN), Verifikator, Approval dan Admin. Verifikasi dan persetujuan data dilakukan secara berjejang yang diatur sebagai berikut: User verifikator melakukan verifikasi usul pemutakhiran data mandiri ASN sesuai kewenangan yang dimiliki melalui SIASN. Verifikasi usul pemutakhiran data dilakukan setelah data ASN masuk ke inbox user verifikator. Proses verifikasi data ASN dan PPT Non ASN yang dimutakhirkan dilakukan dengan memperhatikan dan memeriksa dokumen pendukung yang diunggah dibandingkan dengan data usul. Apabila terdapat permasalahan ketidaksesuaian data dukung yang diunggah dengan data usul, maka verifikator dapat berkoordinasi dengan unit terkait.

Verifikator instansi melakukan login ke SIASN dan memverifikasi data. Verifikator menyetujui/ menolak perubahan data, kemudian mengirim data ke Approval. Approval instansi menerima hasil verifikasi data dari verifikator kemudian menyetujui data sesuai dengan persyaratan administrasinya. Proses persetujuan pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT non ASN dilakukan oleh user approval berdasarkan data hasil verifikasi dan validasi user verifikator dan monitoring verifikasi usul pemutakhiran data mandiri ASN melalui aplikasi SIASN. Usul pemutakhiran data oleh ASN dan PPT Non ASN akan di verifikasi dan approval oleh Instansi dan BKN sesuai dengan kewenangan data masing-masing. Apabila data yang diusulkan sesuai dengan dokumen pendukung maka akan dilakukan approval oleh verifikator Instansi dan BKN, sedangkan jika data yang diusulkan tidak sesuai maka akan ditolak oleh verifikator Instansi. Seluruh proses pengusulan pemutakhiran data dapat dimonitoring oleh pengguna melalui aplikasi MySapk.

Dengan memperoleh penghargaan approval Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) terbaik di wilayah kerja NTT maka diharapkan Badan Kepegawan Daerah Provinsi NTT dan stakeholder yang terlibat dapat mempertahankan kinerja baiknya dalam melayani dan memperbaiki data kepegawaian. Diharapakan jika data ASN terlah terupdate dengan baik maka kebijakan-kebijakan di bidang kepegawaian dapat dilakukan dan didasarkan pada data-data ASN yang akurat.

Penulis: Facun Baur

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top