05 May

“KAMI SIAP DISURVEY”, BKD PROVINSI NTT LAUNCHING APLIKASI ONLINE SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

BKD.NTTPROV.GO.ID - Survey Kepuasan masyarakat bukanlah suatu hal yang baru di lingkungan Pemerintah Nusa Tenggara Timur . Sesuai dengan amanat Undang-undang 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri PAN dan RB RI Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survey Kepuasan Masyarakat, setiap penyelenggara pelayanan wajib melakukan survey secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun. Adapun Tujuan yang terkandung dalam pelaksanaan Survey yaitu; untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan juga sebagai bahan evaluasi organisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan. 

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat diera disruptif ini, kita dituntut untuk terus melakukan perubahan pola kerja dan melakukan inovasi-inovasi dalam bekerja, demikian himbauan Sekretaris yang juga merupakan Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Ibu Henderina S. Laiskodat, SP, M. Si) pada rapat perdana di bagian sekretariat berapa waktu lalu. Selain itu, Beliau menambahkan agar kita perlu menghidupkan kembali survey kepuasan masyarakat terhadap semua jenis layanan yang ada di Badan Kepegawaian Daerah.

Merespon hasil rapat tersebut, Kasubag PDE ( Nafilitalia Anu, S. STP, M. Si), meminta agar Saudara Periantu Marhendri Sabuna, S. Kom alias Pak Hen agar segera merancang format survey kepuasan masyarakat ke dalam aplikasi online dan disesuaikan dengan perubahan regulasi yang ada dengan 9 (sembilan) komponen yang nilai sesuai dengan Permenpan 14 tahun 2017 antara lain; (1) Persyaratan, (2) Sistem, mekanisme dan prosedur, (3) Waktu penyelesaian, (4) Biaya/Tarif, (5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (6) Kompetensi Pelaksana, (7) Perilaku Pelaksana (8) Penanganan Pengaduan, saran dan masukan dan (9) Sarana dan Prasarana.Sebagai seorang calon pranata komputer yang masih berstatus CPNS, Cuma butuh waktu kurang lebih 2 minggu dari penugasan tersebut, aplikasi tersebut akhirnya selesai di buat Pak Hen.

Hari ini, jumat 5 Mei 2019 tepatnya jam 9.00 Wita diruang Rapat Kepala BKD Provinsi NTT, Plt. Kepala BKD Provinsi NTT turut menghadiri dan menyaksikan secara langsung demo aplikasi survey kepuasan masyarakat. ‘sangat mudah ya untuk mengakses dan mengisi survey ini’ demikian respon ibu Plt. Kepala BKD di hadapan peserta sosialisasi di internal BKD Prov. NTT. Beliau juga menyampaikan proficiat kepada Pak Hen,  Pak Facun serta semua pihak yang terlibatdan berkolaborasi secara baik sehingga aplikasi ini dapat di launching terintegrasi dengan website BKD. Harapan Beliau, Agar setiap PNS di Lingkup BKD Provinsi NTT mampu menciptakan inovasi-inovasi ataupun kreatiftas baru sesuai dengan talenta dan tupoksi kita masing-masing.

Aplikasi ini dapat diakses secara online menggunakan laptop/PC maupun smartphone pada alamat website bkd.nttprov.go.id/survey. Petugas/ operator yang ada di masing-masing bidang dan sekretariat akan membuka aplikasi dan proses pengisian data profil responden dan penilaian selanjutnya akan dilakukan secara mandiri oleh PNS penerima layanan (costumers). Hal ini dimaksudkan agar penilaian yang diberikan benar-benar obyektif tanpa ada intervensi ataupun tekanan dari pihak manapun juga. Dengan demikian, hasil penilaian yang dirasa kurang memuaskan itu, dapat di jadikan bahan evaluasi dan target perbaikan pelayanan di Instansi ini. 

Dengan menggunakan aplikasi survey online,  tahapan pengambilan data dan pengolahan data menjadi lebih mudah dan murah. Tidak butuh waktu panjang dalam pengisian dan pengolahannya, sebab sistem akan mengolah secara otomatis. Sistem ini dapat menampilkan laporan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kita juga tidak membutuhkan kertas- kertas yang banyak untuk memprint setiap kuesioner maupun tenaga untuk menyebarkan kuesioner itu. Anggaran pun semakin irit bukan?  Pertanyaan selanjutnya, Siapkah Saudara dan saya dinilai? Tentu saja jawabannya Iya atau Siap. Pelayanan terbaik sudah kita lakukan, kini saatnya kita dinilai oleh pengguna layanan kita melalui survey yang ada. Toh hasil akhirnya juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Masyarakat Puas dengan pelayanan kita, tentunya kita juga puas dan bangga karena telah memberikan pelayanan yang terbaik dan profesional. Lebih dari itu, kita akan semakin giat bekerja untuk menghasilkan karya-karya baru yang lebih inovatif dan berdayaguna. Ayo.. teman-teman mari kita berlomba-lomba memberikan pelayanan sesuai Visi Kita; tepat aturan, tepat waktu dan tepat orang, agar penilaian masyarakat terhadap kinerja kita semakin baik dari hari ke hari. Jangan Lupa ya.. yel-yel penyemangat kita.

(Penulis: Mieke Anita Tallo dan Foto by: Kevin)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top