04 Apr

Integritas, Loyalitas dan Komitmen Terhadap Pelayanan Publik Menjadi Pesan Selamat Datang Bagi 556 CPNS Baru

Kota Kupang -BKD.NTTPROV.GO.ID- Pagi yang cerah dengan sinar matahari yang cukup menyengat di kulit tidak melunturkan semangat sekumpulan orang berseragam hitam putih lengkap dengan dasinya. Sejak pukul 6.30 WITA kesibukan sudah mulai tampak di lapangan upacara halaman depan Kantor Gubernur NTT. Selain sekelompok besar orang berseragam hitam putih, hadir juga sejumlah PNS yang mengenakan sarung tenun ikat dengan berbagai motif yang membuat barisan di lapangan upacara terlihat beraneka warna. Hari ini Selasa, 9 April 2019 adalah hari yang sangat berkesan dan merupakan sebuah hari baru bagi 556 orang putra – putri yang telah melewati beberapa proses seleksi dan dinyatakan lulus untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebagai puncak dari proses seleksi CPNS, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi  NTT mengadakan apel bersama dalam rangka penyerahan Keputusan Gubernur tentang Pengangkatan Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Apel bersama yang berlangsung di halaman kantor Gubernur NTT dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing dan bertindak sebagai komandan upacara, Kepala Bidang Perencanaan, Pendidikan Pegawai & Sistem Informasi Kepegawaian, Fransiskus A. Wotan, S.Sos. Apel bersama tersebut diikuti oleh PNS dari OPD yang ada di Lingkungan Kantor Gubernur  NTT dan 556 CPNS Formasi Tahun Anggaran 2018.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina Sintiche Laiskodat, SP, M.Si dalam laporannya menyatakan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 519 Tahun 2018 tanggal 30 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2018, Pemerintah Provinsi NTT mendapatkan alokasi formasi sebanyak 587 formasi dengan rincian 500 Formasi Guru, 57 Formasi Tenaga Kesehatan dan 30 Formasi Tenaga Teknis. Proses seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 diikuti oleh 7.934 orang, dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan Panitia Seleksi Daerah yang berlangsung dalam 3 (tiga) tahapan yaitu Seleksi Administrasi yang diikuti oleh 7.246 orang, Seleksi Kompetensi Dasar yang diikuti oleh 7.006 orang dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diikuti oleh 1.064 orang. Sebanyak 556 orang dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi akhir dan berhak untuk diproses peangkatannya menjadi CPNS Pemerintah Provinsi NTT dengan rincian 8 orang CPNS Golongan II dan 548 orang CPNS Golongan III. Nota Persetujuan penetapan NIP bagi 556 orang yang dinyatakan lulus tersebut telah diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara dan ditindaklanjuti dengan penerbitan Keputusan Gubernur tentang Pengangkatan Sebagai CPNS Pemerintah Provinsi NTT dengan rincian 475 orang Tenaga Guru, 53 orang Tenaga Kesehatan dan 30 orang Tenaga Kesehatan.

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing dalam arahannya mengucapkan selamat datang kepada 556 CPNS dan selamat bergabung dalam keluarga  besar Pemerintah Provinsi NTT. Seluruh CPNS yang telah dinyatakan lolos seleksi merupakan orang-orang terpilih yang cakap dibidangnya masing-masing yang diharapkan akan semakin menguatkan lini pelayanan Aparatus Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT. Lebih lanjut Sekretaris Daerah Provinsi NTT menekankan pentingnya menjadi ASN yang profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diembannya. 556 CPNS yang hari ini mendapatkan Surat Keputusan Gubernur tentang Pengangkatan Sebagai CPNS Pemerintah Provinsi NTT merupakan penerus generasi ASN yang saat ini ada di Pemerintah Provinsi NTT sehingga sangat penting untuk bisa bersinergi bersama dengan PNS yang sudah ada dalam meningkatkan pelayanan publik. CPNS yang akan melaksanakan tugas baik sebagai tenaga guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis dihimbau untuk bekerja dengan mengedepankan integritas yang tinggi, mampu menjaga loyalitas dan komitmen terhadap pelayanan publik, inovatif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi serta kreatif dalam menyelesaikan tanggung jawab dimanapun mereka ditempatkan.

Menutup arahannya, Ir. Benediktus Polo Maing memberikan apresiasi kepada seluruh PNS Lingkup Pemerintah Provinsi yang hadir dalam apel bersama tersebut dengan mengenakan kain tenun ikat sebagai bentuk apresiasi yang baik terhadap Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Timur      Nomor : BO.0065/24.a/III/2019 tentang Penggunaan Pakaian Sarung Tenun Ikat Motif Daerah Nusa Tenggara Timur bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTT yang mulai diberlakukan sejak Selasa, 9 April 2019. Sarung tenun ikat motif  NTT ini menunjukkan kekayaan dan keanekaragaman budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur yang perlu dijaga kelestarianya dan dengan ditetapkannya hari Selasa dan Jumat untuk mengenakan sarung tenun ikat bagi setiap ASN di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT PNS diharapkan dapat meningkatkan kecintaan dan pemahaman akan budaya yang ada di NTT.

556 CPNS yang hari ini menerima Surat Keputusan Gubernur tentang Pengangkatan Sebagai CPNS Pemerintah Provinsi NTT selanjutnya akan melapor diri ke masing-masing instansi sesuai lokasi penempatan kerja dan diwajibkan untuk mengikuti Latihan Dasar sebagai salah satu syarat pengangkatan menjadi PNS yang akan dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTT.

Selamat datang dan selamat bergabung, bagi para CPNS di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT. Selamat mengabdi dan berkarya bagi kemajuan dan kebangkitan Nusa Tenggara Timur tercinta. SALVE….

 

(Maria Y S Kiak, S.Kom, MIT - Analis Sistem Informasi pada BKD Provinsi NTT)

Foto by: Kevin.

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top