21 Jan 21

Galakkan Nilai-Nilai Positif, BKD Laksanakan Deklarasi Budaya Kerja

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID – Bertepatan dengan apel kesadaran Senin, 18 Januari 2020, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan kegiatan deklarasi nilai-nilai budaya kerja bertempat di Ruangan Sekretariat BKD Provinsi NTT. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menggalakkan nilai-nilai budaya kerja organisasi yang diharapkan dapat menunjang perwujudan reformasi birokrasi.

Seperti diketahui, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu misi besar Gubernur dan Wakil Gubernur NTT untuk mewujudkan NTT bangkit menuju masyarakat sejahtera. Agar terlaksana visi dan misi tersebut, pengembangan budaya kerja merupakan salah satu program yang dapat mendorong perubahan dalam hal kepemimpinan dan manajemen, pola pikir, perilaku dan pola kerja aparatur.

“Deklarasi merupakan tuntutan regulasi. Namun lebih dari itu, deklarasi mengingatkan kita kembali akan nilai-nilai yang mungkin kita lupa”, demikian disampaikan kepala BKD, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si, dalam arahannya. “Tantangan kita setelah deklarasi ini adalah bagaimana secara konsisten melaksanakannya dalam perilaku sehari-hari”, kata Henderina.

Selain memimpin deklarasi, Henderina juga menyerahkan SK Role Model kepada perwakilan dari masing-masing kategori: Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si (kategori Jabatan Pimpinan Tinggi, Naftaly S. Huky, M.Pub.Pol (kategori Jabatan Administrator), Nafilitalia Anu, S,STP, MSi (kategori Jabatan Pengawas), dan Kristina Gembira (kategori Jabatan Pelaksana dan Fungsional).

Role model ini dipilih oleh 74 % pegawai BKD berdasarkan pengamalan nilai-nilai budaya kerja dalam perilaku kerja sehari-hari. Sejumlah nilai/perilaku role model yang diamati responden antara lain: kedisiplinan, integritas, komitmen dan dedikasi, kerja sama, keterbukaan terhadap gagasan baru, komunikatif, responsive, bertanggung jawab, taat asas dan masih banyak lagi nilai/perilaku lainnya. Karena penghayatan nilai-nilai tersebut, mereka dianggap layak untuk dijadikan panutan (model) bagi pengamalan nilai-nilai budaya kerja organisasi sebagaimana telah dideklarasikan.

Pada kesempatan tersebut, Henderina juga memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada bidang-bidang dan sekretariat atas prestasi kerjanya dalam menyelesaikan program/kegiatan Tahun 2020. Berdasarkan realisasi anggaran, Sekretariat berada di peringkat pertama dengan realiasi anggaran 90.91%, disusul Bidang Perencanaan, Pendidikan dan Sistem Informasi Pegawai 89,36 %, Bidang Disiplin dan KORPRI 88,25 %, Bidang Pengembangan Pegawai 87,85 %, dan Bidang Mutasi 86,40 %. Prestasi dari masing-masing bidang/sekretariat memberi kontribusi untuk kinerja BKD Tahun 2020 sebesar 91,43 %.

Semoga apel kesadaran pertama di awal Tahun 2021 membangkitkan semangat dan kesadaran ASN agar terus berubah paradigmanya, berubah cara berpikir dan cara bekerjanya, sehingga bisa melahirkan terobosan/inovasi untuk menjawab tuntutan perubahan kultur birokrasi di era new normal ini.

 

Penulis : Wilfrid

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top