04 Apr

Buka Kegiatan Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama, Bupati Gideon Mbilijora Berharap Assessee Ikut Seleksi Dengan Sungguh-sungguh

Waingapu, BKD.NTTPROV.GO.ID – Pelaksana Tugas Harian (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur, Domo Warandoy, SH (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sumba Timur) telah memasuki perpanjangan masa kedua. Sesuai regulasi, pada saatnya Pemerintah Kabupaten Sumba Timur harus memiliki Sekretaris Daerah yang defenitif agar roda pelayanan pemerintah dapat berjalan cepat dan efektif. Atas pertimbangan tersebut, Pemerintah Sumba Timur menyelenggarakan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah yang berlangsung mulai tanggal 24 – 30 Maret 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama BKD Kabupaten Sumba Timur dengan BKD Provinsi NTT.

Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora, dalam arahannya menyampaikan terimakasih kepada tim BKD (Red, Tim Penilai Kompetensi) yang berkenaan hadir dan melaksanakan seleksi terbuka tersebut. Ia mengharapkan baik pelaksanaan maupun hasil seleksi ini benar-benar obyektif sehingga pihaknya benar-benar mendapatkan masukan atau input yang obyektif pula. Selain itu, ia meminta para assessee atau peserta seleksi mengikuti rangkaian seleksi ini dengan serius dan bekerja dengan sungguh-sungguh pada setiap rangkaian tes. Persoalan dipilih atau tidak merupakan persoalan kemudian, yang penting peserta memberikan hasilnya terbaik dahulu. 

Sementara itu, Adelino DC. Soares, AKS, MPS, Sp., Administrator Tim Penilai Kompetensi, menyampaikan pelaksanaan tes kompetensi merupakan amanat dari UU No. 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara yang mana misinya adalah memindahkan ASN dari Comfort Zone ke Competitif Zone dan memaparkan mekanisme pelaksanaan tes dengan menggunakan metode Assesment Center. Lebih lanjut, ia menegaskan Assessment Center sesuai dengan Peraturan Kepala BKN No. 12 Tahun 2008 sebagai suatu metode yang terstandar guna menilai atau mengukur kompetensi dan prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan yang akan atau telah didudukinya melalui beberapa simulasi atau alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa Assessor.

Terkait dengan kompetensi yang diukur, Tim Penilai menetapkan 11 kompetensi yang akan diuji, terdiri-dari berpikir analitis, pengambilan keputusan, kewirausahaan, integritas, inisiatif, kepemimpinan, komunikasi lisan, kerja sama, perencanaan, pengorganisasian, dan berorientasi pada pelayanan. Sedangkan alat ukur atau simulasi yang dipakai pada seleksi terbuka ini adalah psikometri, problem analysis, leader group discussion, wawancara dan presentasi.

Adapun peserta yang mengikusi seleksi terbuka ini adalah Lu Pelindima, S.Sos (Kepala BKPSDMD Kabupaten Sumba Timur), Yacobus Yiwa, SH (Kadis PMD Kabupaten Sumba Timur), Yusuf Waluwanja, SH (Kadis Pendidikan Kabupaten Sumba Timur), Domo Warandoy, SH (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sumba Timur). Sedangkan Tim Penilai yang diturunkan untuk menguji kompetensi manajerial terdiri dari Adelino DC. Soares, AKS, MPS,Sp sebagai Administrator, Mieke A. Tallo, S.Pd (assessor), Krisantus O. P. N, Metboki, S.Fil (assessor), Theresia Maryati Pranatalia Pau, S.Psi (Assesor/Asisten Psikolog), dan Wilhem M. Unun F. Akoli, S.Fil (Assessor), dan Dewiyanti E. Folla, SE (Minlap). Proses pelaksanaan seleksi ini diawasi langsung oleh Gergorius Babo, S.Kom (Kasubid Penilaian Kompetensi dan Kinerja, Bidang Pengembangan, BKD Provinsi NTT).
 
Sementara itu penilaian kompetensi bidang (wawancara) akan dilaksanakan Rabu (27/03/2019) oleh Tim Panitia Seleksi yang diketuai oleh Johanna E. Lisapaly, SH, M.Si (Kepala Badan Kesbangpol Provinsi NTT), dengan anggota Dr. David B.W. Pandie (Akademisi), MS, Prof. Dr. Mien Ratoe Oedjoe, M.Pd (Akademisi), Ir. Juspan , M.Si (Profesional), dan Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si (Sekda Sumba Barat). 

Pelaksanaan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah akan berakhir Jumat (29/03/2019) ditandai dengan penyerahan hasil penilaian seleksi terbuka. *

*) Goris Babo. Foto:  Primus Metboki

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top