05 May

BKD Memberikan Pendampingan dan Pelatihan PPK Online Lingkup Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Sebagai langkah awal pelaksanaan implementasi aplikasi Penilaian Prestasi Kerja (PPK) Online pada seluruh perangkat daerah provinsi NTT di tahun 2019, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT telah mengirimkan surat pemberitahuan tentang pengimplementasian sistem ini yang akan dimulai dari seluruh pejabat struktural pada setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT serta bagi 3 (tiga) pejabat fungsional tertentu, yakni Analis Kepegawaian, Penyuluh Pertanian dan Pranata Komputer.

Perangkat Daerah yang pertama kali merespon pemberitahuan BKD tersebut adalah Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT dengan mengirimkan undangan Permohonan Narasumber PPK Online melalui Surat Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT Nomor : TKT.870/149/Kepeg/2019 tanggal 29 April 2019.
Tindak lanjut dari undangan tersebut, BKD Provinsi NTT menugaskan tiga Narasumber yaitu Flafianus Du’a, S.Fil., MM (Kabid Pengembangan Pegawai), Santa Anna Trihastuti, S.Kom, MIS (Pranata Komputer) dan Maria P. L. Wayan, S.Kom untuk memberikan pendampingan dan pelatihan PPK Online yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2019, bertempat  di Ruang Sekretariat Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
 
Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Ketransmigrasian, Ir. Wayan Suburatha, yang dihadiri oleh 46 PNS perwakilan dari setiap sub bagian/bidang pada dinas tersebut. Dalam sambutannya, Ir. Wayan Suburatha menyampaikan pesan kepada seluruh PNS lingkup Dinas Koperasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sebaik-baiknya agar mendapatkan manfaat yang nantinya dapat ditularkan kepada rekan-rekan yang belum berkesempatan hadir serta pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dapat digunakan dalam mengoperasikan aplikasi ini terkait Sasaran Kerja Pegawai (SKP) masing-masing PNS.
 
Kegiatan ini diikuti dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait SKP/PPK yang secara manual telah diimplementasikan sejak tahun 2014, juga pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana teknis pelaksanaan penginputan SKP dalam aplikasi serta penilaian capaian kinerja yang akan dilaporkan dan dinilai tiap bulannya.
 
Sayangnya, pendampingan dan pelatihan aplikasi ini hanya sampai pada tahapan penginputan Sasaran Kerja Pegawai melalui aplikasi, belum menyentuh Pelaporan SKP, Tugas Tambahan/Kreatifitas dan Perilaku Bulanan dikarenakan pemadaman aliran listrik di wilayah Frans Seda dan sekitarnya. Namun, beberapa peserta masih bertahan dan mengikuti tahapan pendampingan ini hingga tahap pelaporan selesai dengan menggunakan android masing-masing. 
Di akhir kegiatan ini, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Rosalin Chamdra, S.Sos, berharap kegiatan ini diselenggarakan lagi di waktu yang akan datang mengingat belum semua informasi, pengetahuan dan keterampilan terkait pengoperasian PPK Online dapat mereka terima secara menyeluruh. ***

Penulis : Santa Anna Trihastuti, S.Kom., MIS
Foto : Maxi, PNS Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top