09 Sep

Berkiprah di Level Nasional, Assessor Provinsi NTT Berpartisipasi Dalam Kegiatan Talent Pool Kantor Regional IV BKN Makasar

MAKASAR, bkd.nttprov.go.id, Sejalan dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN bahwa manajemen ASN dilaksanakan dengan berbasis sistem merit serta sesuai kualifikasi kompetensi dan kinerja, guna mencapai hal tersebut BKN melakukan penilaian potensi dan kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrator yang digelar di 14 kantor regional BKN dan kantor pusat dengan target 2000 peserta dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan pejabat Administrator.

Kepala PUSPENKOM BKN, Purwanto, dalam acara sosialisasi penilaian potensi dan kompetensi / Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan Administrator tahun 2019 yang telah diselenggarakan sebelumnya menyampaikan bahwa beberapa kegunaan dari talent pool ini diantaranya sebagai proses pengumpulan data JPT dan Administrator potensial, sebagai bahan database untuk dasar seleksi lebih lanjut, serta untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pada kegiatan talent pool 2019 ini dipersyaratkan bagi JPT yang belum pernah mengikuti kegiatan Assessment Center sebelumnya baik yang diselenggarakan oleh BKN maupun lembaga lain. Selain itu, calon peserta talent pool tahun ini juga terdapat batasan usia. Untuk peserta JPT maksimal usia 57 tahun, sementara untuk pejabat Administrator maksimal usia 56 tahun per 1 Januari 2019. 

Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi untuk penyusunan talent pool ini sudah dilakukan sejak tahun 2015. Hasil dari talent pool ini nantinya diharapkan dapat dijadikan dasar dalam proses pengisian jabatan yang lowong. Pelaksanaan penilaian ini juga telah berkoordinasi dengan KASN sehingga hasil penilaian ini dapat digunakan sebagai bagian dalam proses seleksi terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi.

Pada bulan September ini, kegiatan talent pool dilakukan di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar, Sulawesi Selatan, tanggal 3-5 September 2019, dilanjutkan dengan kegiatan Assessor Meeting sampai dengan tanggal 7 September 2019 dan merupakan kegiatan terakhir talent pool di Kantor Regional setelah dilakukan secara berkelanjutan di semua Kantor Regional. Talent pool ini merupakan kegiatan dalam rangka mencari calon-calon pemimpin potensial. 

Kepala BKN Regional IV Makassar, Drs. Harun Arsyad, SH saat membuka pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan Administrator gembira melihat banyaknya peserta. "Kegiatan ini bukan untuk menentukan lulus atau tidak lulus, semuanya lulus. Yang dinilai adalah bagaimana memecahkan potensi dan kompetensi peserta untuk data base BKN yang nanti akan disinkronkan dengan sistem informasi kepegawaian, juga ASN itu yang benar-benar profesional," katanya.

Pihak BKN regional Makassar menilai kegiatan ini memiliki peran yang besar dalam menyusun data profil ASN yang tergabung dalam sebuah data based yang terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian. Lebih lanjut Kepala Kanreg IV BKN Makassar Drs. Harun Arsyad, SH, MH,  menyampaikan bahwa “ kegiatan ini dapat menjadi basic data kita sehingga kita harapkan ke depan ketika ada seleksi terbuka untuk menduduki jabatan PPTP atau Jabatan Administrator maka hasil talent pool ini dapat dimanfaatkan dan digunakan, sehingga yang bersangkutan tidak perlu lagi mengikuti test selama dilakukan dalam pengawasan KASN “. 

Pada kegiatan penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, para peserta berasal dari berbagai Pemerintah Daerah dalam lingkup kerja Kantor Regional IV BKN Makassar, mendapatkan beberapa materi ujian antara lain psikotest, analisis kasus, Diskusi Kelompok (LGD) dan Interview Kompetensi. Dari berbagai materi ujian ini, akan menggambarkan profil potensi dan kompetensi individu PNS yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan pengembangan kompetensi, pengembangan karier maupun dalam menjawab kebutuhan SDM daerah.

Acara ini juga dihadiri oleh Perencana Madya dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional dan Assessor Utama dari Badan Kepegawaian Negara yang membawakan arahan teknis baik kepada peserta maupun kepada assessor yang bertugas.  Target kegiatan ini adalah 192 orang yang berasal dari unsur Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, namun sampai dengan ditutupnya loket pendaftaran, peserta yang berpartisipasi berjumlah 187 PNS yang berasal dari 11 Kabupaten dalam wilayah kerja Kantor Regional IV BKN Makassar.

Tim Penilai Potensi dan Kompetensi (Assessor dan Psikolog) berasal dari berbagai instansi yang berjumlah 17 orang dari unsur BKN Pusat, Kantor Regional I BKN Jogjakarta, Kantor Regional II BKN Surabaya, Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, Kantor Regional X BKN Denpasar, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Tangerang. Dengan beragamnya tenaga assessor baik dari unsur Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, juga dapat menjadi media pembelajaran tersendiri dalam rangka transfer ilmu antar assessor. Assessor Pemerintah Provinsi NTT diwakili oleh Guido El Joacim Laga, SSTP, M.Si (Assessor SDM Aparatur Muda) dan Johanes B. A. Kapa, S.Fil (Assessor SDM Aparatur Pertama). Dalam kesempatan ini juga, assessor dari NTT pada saat pelaksanaan Assessment, mengenakan baju motif asli NTT dalam rangka mengenalkan tenun ikat NTT untuk dapat dikenal secara luas baik kepada para assessor maupun kepada para peserta yang berasal dari 11 Kabupaten dala wilayah kerja Kantor Regional IV BKN Makassar.

Penulis: Guido El Joacim Laga, SSTP, M.Si.

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top