05 May

89 KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH NTT BERJANJI UNTUK MENJAGA INTEGRITAS DAN MEMAJUKAN PENDIDIKAN NTT

Kupang -BKD.NTTPROV.GO.ID-Sebanyak 88 orang Kepala Sekolah dan Satu orang Pengawas Sekolah di Provinsi NTT berjanji di hadapan Wakil Gubernur NTT,  Drs. Josef Adreanus Nae Soi, MM untuk menjaga integritas dengan menjunjung tinggi etika jabatan dan menjalankan tanggungjawabnya untuk memajukan pendidikan di NTT dengan sebaik-baiknya. Janji  ini disampaikan pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala SMA / SMK / SLB dan Pengawas Sekolah Ahli Madya.


“Sebagai Kepala Sekolah, anda adalah seorang Manajer dan Pendidik. Anda harus bisa menjalankan fungsi managerial dan memiliki teknik didaktik yang baik, tetapi harus punya kualitas moral dan integritas yang menjadi panutan. Anda harus memiliki kemampuan berinteraksi secara baik dengan para guru di sekolah, orang tua murid maupun para siswa-siswi di sekolah yang anda pimpin. Saya ajak para kepala sekolah, dua tahun ke depan kita tunjuk kepada Nusantara bahwa NTT memiliki generasi muda yang cerdas. Kita tidak seperti yang distigmakan kepada kita. Dari tangan, mulut dan hati anda akan lahir manusia-manusia NTT yang tidak hanya memiliki knowledge, tetapi juga punya skill dan attitude yang baik” kata Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef Adreanus Nae Soi, MM pada awal sambutannya dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah 89 Kepala SMA / SMK / SLB dan Pengawas Sekolah Provinsi NTT, Selasa (7/5) 2019. 


“Saya dan bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat selalu tegaskan bahwa lingkungan sekolah harus bersih, saya tidak mau lihat ada sampah / kotoran baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar halaman sekolah, karena lingkungan sekolah yang bersih mencerminkan hati dan pikiran yang bersih untuk dimulainya proses pendidikan membangun masa depan SDM di Provinsi NTT” demikian disampaikan Wakil Gubenur NTT pada acara tersebut.


Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Fernandez Kantor Gubernur NTT ini dipimpin oleh Wakil Gubernur NTT dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing, para Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Rohaniwan Pendamping dan para Kepala Sekolah yang akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang tersebar hampir di seluruh Kabupaten / Kota di Provinsi NTT. Tampak hadir juga keluarga dan para pendamping dari para Kepala Sekolah yang dilantik pada kesempatan tersebut.


Lebih lanjut Wakil Gubenur NTT berpesan kepada para kepala sekolah yang baru dilantik untuk mengemban beberapa tanggungjawab yaitu: 1. Tanggungjawab untuk memajukan generasi muda NTT lewat managemen sekolah yang kreatif. “Kita boleh kekurangan dana tapi tidak boleh kekurangan kreativitas” kata Wakil Gubernur. 2. Tanggungjawab untuk mengembangkan persatuan bangsa dengan merawat kebinekaan yang sangat indah terjalin di Provinsi NTT. “NTT adalah Nusa Terindah Toleransinya. Oleh karena itu pada setiap kesempatan kita selalu mengucapkan salam kebinekaan. Kita ingin agar proses pendidikan dapat berlangsung tanpa ada diskriminasi dan dikotomi-dikotomi yang mengkotak-kotakan orang dalam suatu pandangan yang sempit dan keliru”. 3. Tanggungjawab untuk mengimplementasikan Program Kerja Pemerintah di daerah masing-masing. “Didik anak-anak kita untuk bisa menjadi anak muda generasi masa depan NTT yang cerdas dan memiliki hati nurani. Kita boleh miskin harta tapi tidak boleh miskin harga diri” kata Wakil Gubernur yang juga merupakan seorang praktisi dalam bidang hukum ini. Kelola keuangan secara akuntabel dan transparan, urus kenaikan pangkat dan sertifikasi guru-guru secara cepat dengan semangat pelayanan. 


Dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22/M Tahun 2019 Tanggal 11 April 2019 dan Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor BKD.013.1/I/130.a/PK-JS/IV/2019 Tanggal 12 April 2019, yang dibacakan secara bergantian oleh Plt. Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si, Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Provinsi NTT, Flafianus Du’a, S.Fil, MM dan Kepala Bidang Mutasi dan Pensiun Pegawai BKD Provinsi NTT, Maria Agnes Ina Odjan, SS, diketahui rincian jabatan para kepala sekolah yang baru dilantik tersebut. Dari 89 PNS Provinsi NTT yang dilantik, 1 orang dilantik sebagai Fungsional Pengawas Sekolah Ahli Utama, 57 orang dilantik sebagai Kepala Sekolah Menengah Atas, 26 orang dilantik sebagai Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dan 5 orang dilantik sebagai Kepala Sekolah Luar Biasa.

(*Unun Fernandez Akoli)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top