10 Oct

47 ASN Mengikuti Seleksi Terbuka JPTP Kota Kupang

Kota Kupang, bkd.nttprov.go.id - Pemerintah Kota Kupang kembali melaksanakan seleksi terbuka pejabat pimpinan tinggi pratama untuk mengisi 10 jabatan yang lowong. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang mengatur bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan harus berdasarkan pada sistem merit, serta sesuai dengan kualifikasi kompetensi dan kinerja.

Dalam melaksanakan tahapan uji kompetensi manajerial, Pemerintah Kota Kupang bekerja sama dengan Assessment Center Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang secara kelembagaan melekat pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Kupang, Bapak dr. Hermanus Man, pada Rabu, 16 Oktober 2019 bertempat di Hotel Naka Kupang. Dalam arahan singkatnya, Wakil Walikota Kupang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Tim Penilai untuk melaksanakan tes kompetensi manajerial dan berharap para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh. Menurutnya, pejabat saat ini dituntut untuk dapat berinovasi, serta memiliki kemampuan berkoordinasi yang baik.

Sementara itu, Lusius Aman, S.Fil, M.Hum, selaku Administrator Tim Penilai, dalam paparannya menyampaikan rekam jejak Assessment Center Pemerintah Provinsi NTT. Menurutnya, pada tahun 2019 saja Assessment Center Pemerintah Provinsi NTT telah melaksanakan penilaian sebanyak 17 kali dengan total assessi 1.536 orang, baik dilingkungan Pemerintah Provinsi NTT maupun di Kabupaten/Kota lingkup provinsi Nusa Tenggara Timur.

Disamping itu, lanjutnya, assessor SDM Aparatur dari Pemprov NTT juga selama 2019 sudah dilibatkan sebanyak 5 kali kegiatan assessment di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara, yaitu di Provinsi Papua, Papua Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukan bahwa Assessment Center Pemerintah Provinsi NTT telah memiliki kapasitas dan pengalaman dalam melaksanakan uji kompetensi manajerial.

Kegiatan assessment di Kota Kupang berlangsung selama 7 hari sejak 16 s/d 23 Oktober diikuti oleh 47 peserta seleksi. Alat ukur yang dipakai pada uji kompetensi ini adalah psikometri, simulasi In Basket, Leaderless Group Discussion, dan sesi wawancara. Psikometri dan In Basket dilaksanakan pada hari pertama, Leaderless Group Discussion pada hari kedua, sesi wawancara pada hari kedua dan ketiga, sedangkan analisis data dan assessor meeting dilaksanakan mulai hari keempat sampai selesai.

Pelaksanaan uji kompetensi kali ini, Assessment Center Pemerintah Provinsi NTT mengirimkan personil sebanyak 9 orang terdiri dari 1 orang Administrator, 1 orang Psikolog, 6 orang Assessor, dan 1 orang Admin Lapangan (Minlap). Personil tersebut antara lain Lusius Aman, S.Fil, M.Hum (Administrator Assessor), Theodora Takalapeta, M.Psi, Psi (Psikolog), Adhitya P. Arka, S.STP (Assessor), Hilarius B.C da Silva, SE, M.Ec.Dev (Assessor), Wilhem M. Unun F. Akoli, S.Fil (Assessor), Sandra Benyamin, SE (Assessor), Yuliasty K. Mawuntu, SH, MM (Assessor), Johanes B. A. Kapa, S.Fil (Assessor), dan Periantu M. Sabuna, S.Kom (Minlap).

*Penulis: Periantu M. Sabuna, S.Kom

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top