22 Sep 20

Tertarik Dengan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai, Ketua Dekranasda NTT Utus Pegawainya Untuk Dilatih

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT Henderina Sintinche Laiskodat, SP, M.Si memenuhi undangan Ketua Dekranasda Provinsi NTT Julie Laiskodat dalam rangka berbagi informasi terkait penilaian prestasi kerja online di hadapan tenaga kontrak atau honorer di Ruang Rapat Dekranasda, Senin (21/09/2020). 

Di awal paparannya, Kepala BKD mengajukan sejumlah pertanyaan kepada para peserta, salah satunya tentang uraian kerja masing-masing pegawai. Para honorer yang di-challenge  mampu menjawab pertanyaan Kepala BKD dengan mantap.

Kepala BKD mengawali pemaparan materi dengan pertanyaan dengan maksud untuk menakar seberapa penguasaan tenaga honorer Dekranasda terhadap tugas dan tanggungjawabnya. 

Lebih lanjut, Henderina menegaskan soal uraian tegas merupakan salah unsur penting dalam penilaian uji kelayakan atau akreditasi ISO 9001:2015. 

Perlu diketahui, Dekranasda Provinsi NTT dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan uji kelayakan/akreditasi dari lembaga SZUTEST.

Menurut Kepala BKD, peraturan tentang penilaian prestasi kerja bagi para honorer belum ada, namun hal tersebut akan diterapkan juga kepada tenaga honorer atau tenaga kontrak dengan mengadopsi model penilaian prestasi kerja PNS meskipun dilakukan secara manual. Saat ini pemerintah Provinsi NTT telah memiliki aplikasi PPK Online namun belum diwajibkan penerapannya. Kedepan, lanjutnya, tenaga honorer juga akan diberikan nomor induk atau semacam NIP bagi PNS serta wajib absen secara online.

Dalam kunjungan tersebut Kepala BKD didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Drs. Naftaly S. Huky, M.Pub.Pol dan Kepala Sub Bagian Penilaian Kompetensi dan Kinerja Gergorius Babo, S.Kom. 

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai diberikan kesempatan untuk memaparkan contoh uraian kerja pegawai yang dituangkan dalam format SKP. Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa uraian kerja menjadi dasar pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) pegawai, yang mana target dan realisasi dapat diukur secara obyetif. 

Julie Laiskodat selaku ketua Dekranasda Provinsi NTT merespon positif tentang penilaian prestasi kerja online yang disampaikan oleh kepala BKD. Menurut anggota DPR RI ini, meskipun pegawainya menjawab pertanyaan Kepala BKD dengan lancar, perlu ditindaklanjuti dengan pendampingan atau pelatihan penyusunan SKP. Untuk itu, ia akan mengirimkan beberapa pegawainya untuk mengikuti coaching penyusunan SKP secara manual di BKD Provinsi NTT.

Atas tanggapan dan niat baik Ketua Dekranasda, Kepala BKD menyanggupi untuk menugaskan timnya membimbing tenaga honorer Dekranasda membuat SKP secara manual. 

Ditulis: Goris Babo

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top