08 Aug

MENYAMBUT HUT RI KE 74, BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI NTT MELAKUKAN KEGIATAN BERSIH PANTAI

Kota Kupang - bkd.nttprov.go.id - Kegiatan aksi bersih-bersih pantai yang ada di Kota Kupang  sudah mulai menjadi perhatian masyarakat terutama Pemerintah, namun masih belum secara menyeluruh. Karena ternyata masih banyak sampah-sampah di pantai-pantai dan perairan Kota Kupang. Untuk itu perlu adanya koordinasi yang lebih baik dalam menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kegiatan bersih-bersih tersebut benar-benar efektif dan efisien. Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 pada pasal 5 menyebutkan bahwa Pemerintah dan Pemerintahan Daerah bertugas menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan.  

Dalam Rangka menyambut HUT Republik Indonesia yang ke 74 Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur  pun antusias untuk menyambutnya. Hal ini diawali dengan kegiatan bersih pantai yang berada diseluruh Kota Kupang. Ada yang berbeda kali ini dengan kegiatan bersih-bersih pantai yang sebelumnya sudah sering dilakukan oleh pegawai ASN setiap minggunya, kali ini pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak hanya melibatkan para ASN seluruh perangkat daerah di pemerintahan saja, tetapi juga mengajak seluruh pegawai  BUMN, BUMS, BUMD, dan perusahaan-perusahaan swasta lainnya serta organisasi masyarakat yang ada di Kota Kupang.

Pada Hari Jumat 09 Agustus  2019, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT juga ikut mengambil bagian dalam kegiatan ini sebagai koordinator kebersihan di sekitar Pantai Oesapa yang dimulai dari Pantai Oesapa depan Hotel Aston, Pantai Paradiso dan Pantai Hutan Bakau Oesapa. Sehari sebelum kegiatan,  dilakukan pengecekan dan survei tempat lokasi di sekitar Pantai Oesapa, dan akhirnya Badan Kepegawaian Daerah melakukan koordinasi dengan Instansi dan organisasi yang termasuk dalam anggota kebersihan di sekitaran Pantai Oesapa.  

Menimbang kondisi pantai sekitaran Oesapa yang sangat luas maka Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT sebagai koordinator  membagi tugas kepada masing-masing instansi yang berada dalam kelompoknya  untuk melaksanakan pembersihan di sekitaran Pantai Oesapa di tiga titik pantai tersebut. Pantai Oesapa depan Hotel Aston dilakukan pembersihan bersama oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Nusa Tenggara Timur, Bank Muamalat Cabang Kupang, dan PT. Semen Kupang dibawah koordinator Bidang Mutasi & Pensiun  Pegawai dan Bidang Perencanaan.  Kemudian Pantai Paradiso Oesapa dilakukan pembersihan oleh Biro Umum Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Universitas Muhammadyah Kupang  dan  Transmart  Kupang dibawah Koordinator Bidang Disiplin & Korpri dan Bidang Pengembangan.

Sedangkan di Pantai Hutan Bakau Oesapa dikoordinir oleh Sekretariat Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, dilakukan pembersihan bersama-sama dengan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, dan Lippo Plaza Kupang. Kepala BKD Provinsi NTT Ibu Henderina S Laiskodat, SP, M.Si dan Sekretaris BKD Provinsi NTT Bapak Grandi Floris Angi, SH juga ikut terjun langsung ke lokasi bersama-sama dengan seluruh pegawai melakukan pembersihan di sekitaran Pantai Oesapa.

Kegiatan ini tidak cukup hanya dilakukan pembersihan saja, tetapi lebih baiknya masyakarat sekitar Pantai juga dapat menjaga kelestarian pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan  diharapkan Pemerintah dapat segera mencari solusi untuk pembersihan sampah pantai dan laut di seluruh Pantai tersebut. Karena pembersihan sampah tersebut adalah sangat penting bagi bumi ini yang harus dan segera diselamatkan.

Penulis : I Putu Parta Wirama,S.STP & Marisa I. Ngambut,SH (Sub Bagian Kepegawaian dan Umum)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top