18 Sep 20

Bimtek Pembentukan Karakter Melalui Camp Revolusi Mental Bagi Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Provinsi NTT

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Bertempat di Hotel Neo By Aston Kupang, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pembentukan Karakter melalui Camp Revolusi Mental bagi Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Provinsi NTT. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 16 sampai dengan 18 September 2020 melibatkan Pejabat Administrator yang berasal dari Dinas, Badan, Biro, Kantor dan UPT Lingkup Pemerintah Provinsi NTT. Tema kegiatan ini adalah “Melahirkan ASN Unggul yang Disiplin dan Berintegritas, untuk Mewujudkan NTT Bangkit Menuju Sejahtera.” Pesertanya adalah para Pejabat Administrator dari 38 Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT sebanyak 50 orang. Nara Sumber adalah Pdt. Johny Kilapong, MA, CBC, CLS, pendiri Yayasan Generasi Unggul. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengubah karakter Aparatur Sipil Negara agar menjadi ASN yang berintegritas, disiplin, jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

Bimtek diawali dengan arahan umum oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si. Hari kedua diisi dengan materi oleh Pdt. Johny Kilapong, MA, CBC, CLS dan hari ketiga kegiatan outbound di Lasiana. Dalam pengarahannya, ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah menyampaikan bahwa seorang pemimpin (leader) harus memahami tupoksi dan dapat menggerakan tim dengan baik.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar setiap Aparatur Sipil Negara dapat bekerja dengan lebih baik. “Kita semua mempunyai karakter dalam bekerja. Ada yang dalam administrasi baik, tetapi di lapangan kurang baik, demikian sebaliknya. Dalam bekerja, kita harus memaknai apa yang kita kerjakan. Ketika kita bekerja, kita puas atau tidak, karena titik tertinggi yang harus dicapai adalah kepuasan,” jelasnya. Untuk itu, dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat bekerja dengan karakter yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga menyinggung salah satu tupoksi Badan Kepegawaian Daerah yaitu mengevaluasi kinerja dari setiap Perangkat Daerah. Beliau berharap target-target yang sudah ditetapkan dapat terealisasi dengan baik. Banyak Perangkat Daerah yang belum mengisi PPK online dengan baik, sedangkan tahun depan pembayaran TPP dilakukan berdasarkan kinerja. Harapannya, ke depan semua Perangkat Daerah dapat lebih memperhatikan cara mengisi PPK online secara baik.

Harapan Kepala Badan Kepegawaian Daerah bagi para Pejabat Administrator sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah tanamkan dalam diri masing-masing untuk mulai berubah ke arah yang lebih baik.

Setelah arahan umum yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, dilanjutkan dengan Pra Camp oleh Tim Generasi Unggul Kupang. Menurut Bapak David Kilapong yang membuka Pra Camp ini, kegiatan camp ini dilaksanakan 4 kali dan untuk Eselon III merupakan angkatan pertama. Di awal Camp, dibagikan selebaran kepada para peserta berisi pernyataan menyangkut kelebihan dan kekurangan masing-masing pribadi untuk diisi dengan sejujur-jujurnya. Maksud dari pengisian selebaran ini adalah peserta dapat menilai diri masing-masing dengan jujur. Bapak David Kilapong juga mewajibkan setiap peserta menghafal Visi Gubernur NTT.

Setelah pembukaan oleh Bapak David, materi dilanjutkan oleh Bapak Pdt. Johny Kilapong, MA, CBC, CLS. Materi dari Pdt. Johny Kilapong, MA, CBC, CLS diawali dengan SQ (Spiritual Quotient). Beliau menyampaikan bahwa kekuatan dan kelemahan kita berdampak dimanapun kita hadir. Itu sebabnya, diberikan tes penilaian diri di awal kegiatan untuk mengenali diri dan mengetahui apa kekuatan dan kelemahan dalam diri masing-masing peserta. Saat seseorang ingin mengalami perubahan, orang tersebut harus mengenali dirinya sendiri.

Menurut Bapak Pdt. Johny Kilapong, MA, CBC, CLS, ada 4 indikator wajib yang harus dimiliki oleh pemimpin, yaitu:

  1. Decision (mampu mengambil keputusan)
  2. Direction (mampu memberikan arahan)
  3. Dignity (memilik wibawa yang terbangun dari kepribadian dan keteladanan)
  4. Decisiveness (mampu bersikap tegas)

Melalui bimtek ini, diharapkan pola pikir para peserta dapat berubah dan tercipta karakter yang baik dalam mendukung tugas dan pelayanan bagi masyarakat.

 

Penulis : Maria Margaritha Wempi Imaculada Regi, S.Kom

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top