07 Jul

PNS MENINGGAL DUNIA? LAPOR DI WEBSITE BKD

BKD.NTTPROV.GO.ID, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur kini menyiapkan saluran khusus untuk mencatat secara cepat PNS yang meninggal dunia. Jika ada PNS meninggal dunia, setiap perangkat daerah harus melaporkannya melalui website https://bkd.nttprov.go.id/ menu “aplikasi” sub menu “Lapor PNS Meninggal Dunia”. Laporan harus sudah disampaikan selambat-lambatnya 3 hari setelah seorang PNS meninggal dunia.

Hal itu ditegaskan dalam edaran Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor BKD.882/231/MUT-PP/2020 tanggal 14 Mei 2020 perihal Lapor Cepat PNS Meninggal Dunia. Dalam edaran tersebut disampaikan juga bahwa penambahan sub menu “Lapor PNS Meninggal Dunia” pada website BKD Provinsi NTT dilakukan dalam rangka mempercepat proses pengusulan pensiun PNS yang meninggal dunia dan untuk kepentingan penyediaan data PNS yang akurat pada pangkalan data pegawai.

Akan tetapi, lebih lanjut ditegaskan dalam edaran tersebut, lapor cepat tidak menggantikan pemberkasan administrasi untuk kebutuhan pengusulan pensiun. Pemberkasan pensiun tetap dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurut Basilius Nou, S.Sos, Kepala Sub Bidang Pemindahan dan Pensiun Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, edaran tersebut langsung mendapat respons positif dari sejumlah perangkat daerah. Terhitung sampai tanggal 6 Juli 2020, kata Basilius, sudah 21 PNS dilaporkan meninggal dunia.

“Sampai hari ini sudah kita sudah mendapat laporan 21 PNS meninggal dunia. Kami berharap saluran ini ke depanya dimanfaatkan secara optimal oleh para pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah, sehingga kami di BKD lebih cepat tahu PNS yang meninggal, dengan itu juga kita bisa lebih cepat koordinasi untuk memproses usulan pensiunnya, juga koordinasi dengan Badan Keuangan Daerah untuk memberhentikan pembayaran gajinya,” tutur Basilius.
Lapor PNS Pemprov NTT meninggal dunia? Klik disini!

Penulis : Luis Aman (Pengelola Pensiun Pegawai)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top