06 Jan 22

Wasana Praja IPDN Angkatan XXIX Asal Pendaftaran Provinsi NTT Melaksanakan Penelitian pada Instansi Pemerintah se-NTT

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah, Octa Grandy Floris Angi,SH bersama Kepala Bidang Perencanaan, Pendidikan Aparatur dan Simpeg, Fransiskus A. Wotan, S.Sos mewakili Kepala Badan Kepegawaian daerah Provinsi NTT menerima 53 orang wasana praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang akan melaksanakan penelitian selama 14 (empat belas) hari di Perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Perangkat Daerah yang ada pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-NTT.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 4 Januari 2022 dan dihadiri oleh 53 Praja yang berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur serta pejabat Analis SDM Aparatur Ahli Muda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dan bekal serta gambaran secara luas tentang Pemerintahan di Nusa Tenggara timur agar seluruh Praja dapat memahami secara baik apa saja yang berbeda ketika di mengikuti perkuliahan di lingkungan kampus dan ketika melaksanakan tugas sebagai aparatur si[il negara pada instansi-instansi pemerintah yang berada di daerah.

Pada kegiatan ini, para Wasana Praja mendapatkan arahan baik dari Sekretaris BKD Provinsi NTT maupun dari Kepala Bidang Perencanaan, Pendidikan Aparatur dan SIMPEG.  Sekretaris BKD Provinsi NTT menyampaikan mengenai tata krama dan etika selama berada di lokasi magang dan penelitian. Bapak Octa Grandy mengatakan bahwa “percuma mempunyai kepintaran dan badan yang bagus namun tidak mempunyai etika dan sopan santun”. Lebih lanjut Sekretaris BKD Provinsi NTT berpesan agar para Praja tidak sombong dan berperilaku seperti semestinya yang sudah diajarkan di lingkungan kampus IPDN.

Kepala Bidang Perencanaan Pendidikan dan SIMPEG juga memberikan pesan agar tetap menjaga keselamatan selama berada didaerah dan memberikan penekanan tentang etika dan sopan santun seperti yang sudah disampaikan oleh Sekertaris BKD Provinsi NTT. Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada kesempatan yang sama menekankan pentingnya menjaga nama baik IPDN dan Provinsi Nusa Tenggara Timur dimanapun berada.

Selain mendapatkan pembekalan, para Praja juga ditanyakan mengenai kesiapan mereka sebelum melaksanakan magang dan penelitian serta alasan mengambil judul dalam penelitian mereka. Marvel Nalle selaku perwakilan kontingen menyampaikan kesiapan mereka menjelang magang di daerah. Langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu mengumpulkan data dan informasi dari pihak-pihak yang berada di instansi – instansi yang akan menjadi tujuan penelitian. Data dan informasi yang dikumpulkan berupa para pihak yang akan ditemui, yang akan menjadi pengarah ketika dilakukannya proses pengumpulan data dan fakta yang akan digunakan dalam penyusunan laporan akhir penelitian. Laporan akhir penelitian ini diharapkan bisa menjawab permasalahan yang ditemui di lokasi penelitian.

Kegiatan penelitian dan penyusunan laporan akhir ini sangat penting bagi para Praja karena dapat memberikan gambaran umum tentang system kerja yang ada pada masing-masing instansi. Hal ini akan membuat para Praja menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia birokrasi serta menjadi bekal dalam mempersiapkan diri ketika lulus nanti. Praja IPDN akan ditempatkan di instansi-instansi Pemerintah dan diharapkan dapat dapat mendukung kemajuan instansi dan pemerintah daerah dimanapun mereka ditempatkan.

 

Penulis: William J. Kuhurima, S.Tr.Ip

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top