07 Oct 21

Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah Kabupaten Sumba Barat

Bkd.nttprov.go.id - 07/10/21 Ujian dinas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan Penata Tingkat I golongan ruang III/d untuk dapat dinaikkan pangkatnya, disamping memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan. Bagi Pegawai Negeri Sipil yang memiliki dan memperoleh ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, juga dapat diberikan kenaikan pangkat pilihan sesuai dengan jenjang pendidikan ijazahnya dengan ketentuan harus mengikuti dan lulus pada ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Ujian ini dilaksanakan sebelum Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dipertimbangkan kenaikan pangkatnya ke dalam golongan yang lebih tinggi, dengan ketentuan apabila Pegawai Negeri Sipil tersebut tidak lulus dalam ujian tersebut, maka kepada yang bersangkutan dapat mengikuti kembali ujian pada tingkat yang sama yang akan dilaksanakan pada kesempatan lain.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Ujian Dinas (UD) dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (UKPPI) periode kedua yang dilaksanakan sepanjang bulan Oktober 2021 sampai dengan bulan November 2021. Pelaksanaan  UD dan UKPPI bagi PNS lingkup Pemerintah Sumba Barat dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 06 – 07 Oktober 2021, bertempat di SDN Tabulo Dara Kec. Loli Kab. Sumba Barat. Kepala BKD Provinsi Nusa Tenggara Timur menugaskan 2 (dua) orang PNS pada BKD Provinsi NTT untuk bekerja sama dengan dengan Panitia pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumba Barat, melaksanakan UD dan UKPPI bagi PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat.

Rangkaian kegiatan ujian diawali dengan kegiatan pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2021 bertempat di SDN Tabulo Dara Kec. Loli Kab. Sumba Barat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada peserta ujian terkait teknis pelaksanaan ujian. Selain itu, pada kegiatan pembekalan ini juga memberikan kisi-kisi materi UD dan UKPPI.

Kegiatan UD dan UKPPI dilaksanakan pada tanggal 07 Oktober 2021 yang dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda, S.Sos, yang pada saat pelaksanaan kegiatan didampingi oleh Kepala BKPP Kabupaten Sumba Barat, Woldeman Herman Wello, S.Si, M.Si. Dalam sambutannya, Yermia Ndapa Doda mengingatkan peserta ujian bahwa pelaksanaan UD dan UKPPI merupakan salah satu upaya peningkatan kesejahteraan PNS. Peserta yang lulus ujian dapat usulkan untuk diproses ke jenjang kepangkatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, setiap peserta perlu mempersiapkan diri dengan baik agar lulus dalam ujian.

 UD dan UKPPI bagi PNS Kab. Sumba Barat diikuti oleh 40 peserta dengan rincian: UD Tingkat  sebanyak 16 orang, UD Tingkat II sebanyak 21 orang, UKPPI SMA sebanyak 1 orang dan UKPPI S-1 sebanyak 2 orang. Ujian berlangsung selama 120 menit, dimulai pada pukul 09.20 WITA dan berakhir pada pukul 11.20 WITA. Hasil ujian peserta UD Tingkat I, UKPPI SMA dan UKPPI S-1 diserahkan kepada Panitia dari BKPP Kabupaten Sumba Barat untuk diperiksa dan dinilai, sedangkan hasil ujian peserta UD Tingkat II dibawa kembali ke BKD Provinsi NTT untuk diperiksa dan dinilai. Rangkaian kegiatan ujian diakhiri dengan pemusnahan soal-soal ujian bertempat di halaman SDN Tabulo Dara Kec. Loli Kab. Sumba Barat.

Penulis : Maria Y. S. Kiak, S.Kom, MIT

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top