06 Jun

Ujian Dinas Dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah PNS Tahap I Tahun 2020 Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT Di masa Pandemi Covid-19

BKD.NTTPROV.GO.ID - Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah bagi Pegawai Negeri Sipil mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor : 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : 12 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor : 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah di ubah dengan dengan Perturan Pemerintah Nomor : 12 Tahun 2002 dan Surat Edaran Bersama Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Lembaga Administrasi Negara Nomor : 12/SE/1981 dan Nomor : 193/Sek.LAN/8/1981 tanggal 5 Agustus 1981 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil.

Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah bagi Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi NTT adalah kegiatan rutin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT yang  dilaksanakan setiap tahun mengikuti Periode Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Bahwa sesuai ketentuan periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil dalam setahun adalah Periode April dan Periode Oktober. Untuk itu pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah setiap tahun di ataur sebagai  berikut : tahun 2020  Tahap I untuk kenaikan pangkat periode Oktober 2020, ujian dilakukan pada bulan Maret - Mei 2020 sedangkan  Tahap  II  untuk kenaikan pangkat periode April 2021 ujian direncanakan pada bulan September-Oktober 2020 . Hal ini dilakukan agar Pegawai Negeri Sipil tidak dirugikan dalam mengurus kenaikan pangkatnya manakala dalam kenaikan pangkat itu mengisyaratkan sertifikat Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah.

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT selain menyelenggarakan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, juga menyelenggarakan dan mengawassi pelaksanakan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah di seluruh wilayah Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT. Sebagaimana surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT tanggal 17 Januari 2020, Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah Tahap I  khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten/kota se-Provinsi NTT tahun 2020  telah diatur berdasarkan Rayon dengan rencana Rayon I terdiri dari lima Kabupaten mulai tanggal 1-2 April 2020 dan seterusnya sampai dengan Rayon V bulan Juni 2020 untuk Pemerintah Provinsi NTT, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Pada pertengahan bulan Maret 2020 virus corona yang biasa dikenal dengan Covid-19 mulai merebak ke wilayah Provinsi NTT. Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit dimaksud Pemerintah mengambil kebijakan untuk membatasi mobilitas orang dari dan ke tempat lain (Provinsi ke Kabupaten/Kota  atau sebaliknya dan antar Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT). Berkaitan dengan itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT mengambil langkah bijak dengan  menyampaikan surat kepada masing-masing pengelola kepegawaian Kabupaten/Kota terkait penundaan  pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah yang sebelumnya sudah terjadwal secara baik.

Pelayanan kepegawaian bagi  Pegawai Negeri Sipil harus tetap dilakukan secara baik sesuai hak-hak kepegawaiannya  walaupun dalam masa pandemi covid-19 agar  tidak merugikan Pegawai Negeri Sipil. Hal ini telah  menjadi komitmen pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh  para pengelola kepegawaian baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota se- Provinsi NTT, demikian arahan yang disampaikan Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT. Berkaitan dengan itu maka yang perlu dipikirkan adalah mancari solusi yang baik bagaimana melaksanakan kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah di Provinsi dan Kabupaten/Kota,  tanpa melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah ?. Ada beberapa alternatif yang didiskusikan dan disepakati untuk selanjutnya disampaikan melalui surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT tanggal 19 Mei 2020 kepada para pengelola kepegawaian Kabupaten/Kota yang isinya antara lain : Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian ijasah dilaksanakan serentak di Provinsi maupun Kabupaten/Kota tanggal 11-12 Juni 2020, Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah kewenangan Pemerintah Provinsi di Kabupaten/Kota dilaksanakan dan diawasi oleh panitia ujian Kabupaten/Kota dengan berpedoman pada ketentuan serta standar dan prosedur pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah serta tetap memperkatikan  protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT tanggal 19 Mei 2020 di atas, Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah Tahap I telah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 11-12 Juni 2020 di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota  kecuali 2 (dua) Kabupaten terkonfirmasi tidak menyelenggarakan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah pada Tahap I ini yaitu Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Manggarai Barat karena alasan tertentu. Pemerintah Kabupaten/Kota yang saat ini telah selesai melaksanakan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah di Kabupaten/Kota masing-masing diharapkan, segera mengirimkan hasil ujian serta dokumen pendukung lainya ke Pemerintah Provinsi NTT yang menjadi kewenangan Gubernur agar segera di periksa hasil ujiannya dan ditetapkan sertifikat hasil ujian bagi Pegawai Negeri Sipil yang dinyatakan lulus sehingga bisa digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil dalam melengkapi berkas kenaikan pangkat periode 01 Oktober 2020.

Fransiskus A. Wotan, S.Sos

 

  Penulis : Fransiskus A. Wotan, Sos
                 (Kabid. Perencanaan, Pendidikan Dan Sistem Informasi Pegawai)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top