01 Jun 21

Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah PNS Pemerintah Kabupaten Lembata Tahun 2021 Tahap I di Tunda

Lewoleba, Bkd.nttprov.go.id. Ujian dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah bagi Pegawai Negeri Sipil, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah kegiatan rutin Badan Kepagawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan setiap tahun mengikuti Periode Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Sesuai ketentuan yang berlaku periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil dalam satu tahun terdiri dari dua periode yakni periode April dan periode Oktober. Untuk Tahap I (Pertama) periode April tahun ini, Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah bagi Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi direncanaklan berlangsung mulai bulan Maret sampai dengan Bulan Juni 2021.

Pegawai Negeri Sipil yang mengikuti ujian dinas maupun ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah harus memenuhi syarat sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 tahun 2002 tentang ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 tahun 2000 tentang kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah di ubah dengan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2002 dan surat Edaran Bersama Badan Administrasi Negara dan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12/SE/1981dan Nomor 193/Sek.LAN/8/1981 tanggal 5 Agustus 1981 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil.

Pemerintah Kabupaten Lembata pada Periode pertama pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah dijadwalkan berlangsung pada bulan April 2021 bersamaan dengan beberapa Kabupaten antara lain Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur dan Kabupaten Alor, namun Pemerintah Kabupaten Lembata tidak melaksanakan kegiatan dimaksud. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Lembata Bapak Patrisuis  Ujan yang ditemui di rung kerjanya menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah bagi Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Lembata Tahap I tidak  dilaksanakan sebagaimana jadwal yang telah ditentukan karena anggaran yang telah dialokasikan untuk kegiatan tersebut, mengalami recofusing untuk penanganan  Covid 19 di Kabupaten Lembata. Namun demikian anggaran untuk pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah untuk Pemerintah Kabupaten Lembata kami telah mengusulkan kembali pada Anggaran Perubahan Tahun 2021, sehingga Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Lembata yang telah memenuhi syarat dapat mengikuti ujian dan tidak dirugikan dalam pembinaan karier ke depan. .

Beliau juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lembata telah mengajukan tiga (3) orang Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Lembata untuk dititipkan mengikuti Ujian Dinas Tingkat II pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Juni mendatang di Kupang. Ketiga orang Pegawai Negeri Sipil tersebut kami arahkan untuk mempersiapkan administrasi yang menjadi syarat termasuk belajar dengan baik untuk mengikuti ujian dimaksud.

Pada pertemuan tersebut selain berdiskusi terkait ujian dinas yang tidak dilaksanakan pada tahap satu dan bagaimana solusi lebih lanjut, diskusi ini juga dilakukan bersama para Kepala Bidang terkait dengan persiapan pelaksanaan rekruitmen CPNS dan PPPK Tahun 2021, yakni berkaitan dengan petunjuk teknis yang belum disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara yang digunakan sebagai dasar pengumuman penerimaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2021.

 

Penulis : Frans  A.Wotan, S.Sos

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top