13 Oct 21

Terbitkan Peraturan Gubernur Tentang Manajemen Talenta, Pemprov NTT Siap Terapkan Sistem Merit

BKD.NTTPROV.GO.ID - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akhirnya menerbitkan Peraturan Gubernur NTT nomor 67 tahun 2021 tentang Manajemen Talenta Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Peraturan ini berangkat dari sebuah kebutuhan untuk mewujudkan succession planning yang obyektif, terencana, terbuka, tepat waktu dan akuntabel guna memperkuat dan mengakselerasi penerapan sistem merit di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, diperlukan Pegawai Negeri Sipil terbaik yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan kinerja optimal untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi, Jabatan Administrator, dan Jabatan Pengawas yang berdampak secara signifikan terhadap pencapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur atau posisi lain yang dianggap strategis.

Selain itu, Pergub yang ditandatangani Gubernur NTT tanggal 10 September 2021 ini dimakusdkan untuk menemukan dan mempersiapkan PNS terbaik untuk menduduki jabatan target setingkat lebih tinggi dan memimpin inisiatif dalam organisasi guna mengoptimalkan capaian strategi, tujuan organisasi, dan mendukung mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemudian, Pergub ini juga untuk  membangun iklim kompetisi positif dan transparansi diantara PNS sehingga memberikan prestasi terbaik bagi Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemerintah Provinsi NTT juga menginginkan agar dapat  memberikan kesempatan yang sama bagi PNS dalam mengembangkan karier dan sebagai sarana perwujudan aktualisasi diri melalui pengembangan kompetensi dan karier.

Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Badan Kepegawaian Daerah mencari kelompok orang-orang yang bertalenta dan disebut sebagai talent pool, yaitu sekelompok orang yang telah diidentifikasi dapat dikembangkan dalam jangka waktu tertentu dan diperlakukan sebagai suatu investasi bagi organisasi. PNS yang memiliki talenta juga disebut sebagai talent. Identifikasi PNS yang bertalenta dilakukan melalui seleksi terhadap PNS dalam organisasi berdasarkan data base yang ada.

Penilaian terhadap potensi dan kompetensi pegawai dilakukan dalam rangka pemetaan dan penyusunan profil baik untuk Jabatan Pimpinan Tinggi, Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional. Untuk dapat memberikan kualitas hasil penilaian yang profesional, objektif, dan memiliki kualitas baik. Data hasil pemetaan ini digunakan sebagai database dalam pembinaan dan pengembangan PNS. Selanjutnya, Pemetaan talenta dikelompokkan dalam 9 (sembilan) kotak manajemen talenta untuk menentukan talenta yang masuk ke dalam kelompok rencana suksesi dan rekomendasi tindak lanjut.

Peraturan Gubernur NTT ini juga mengatur Persiapan, Infrastruktur, Alur, Pencarian, Pengembangan dan Retensi Talenta, Rencana Suksesi dan Penempatan sampai pada Monitoring dan Evaluasi serta Sistem Informasi Manajemen Talenta. Selanjutnya peraturan Gubernur ini akan disosialisasikan dan internalisasi kepada seluruh perangkat daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk semakin mengakselerasi penerapan sistem merit di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT.

 

Penulis   :    Yohanes Tael Lim

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top