09 Jun 21

Table Manner ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT Bersama Bapak Viktor B. Laiskodat Dalam Kunjungan Kerja Gubernur NTT

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID. Rabu, 9 Juni 2021,  bertempat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Timur,  tepatnya Lantai Satu Gedung Sasando (satu lantai dengan ruang kerja Gubernur Nusa Tenggara Timur),  kami seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada BKD NTT menyambut kunjungan Gubernur NTT; Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat bersama empat orang Staf Khusus,  Prof. Daniel Kameo,  Anwar Pua Geno, SH,  DR. Ima Blegur dan Ir. Tony Djogo, MSi.
Awalnya Gubernur NTT  memberi arahan di ruangan Bidang Mutasi dan Pensiun BKD Provinsi NTT untuk seluruh ASN BKD. Selesai memberi arahan Gubernur NTT bersama Staf Khusus serta ASN BKD Provinsi NTT menuju ruangan Sekretariat BKD untuk makan siang bersama.
Memasuki ruang Sekretariat BKD seluruh petugas yang melayani sudah menyambut di depan pintu dengan memberikan salam hormat dan selamat datang. Rombongan kemudian diterima oleh Cynthia D. Pattisina, S.STP sebagai Kepala Pelayan yang bertugas menuju tempat duduk dan diikuti oleh seluruh pegawai. Pada kesempatan itu duduk satu meja dengan Gubernur NTT adalah Kepala BKD Provinsi NTT; Henderina S. Laiskodat, Sekretaris BKD Provinsi NTT dan empat orang Kepala Bidang.
Mengawali jamuan makan siang ini, Kepala Pelayan mengucapkan selamat datang dan menjelaskan lima tahap jamuan makan dan menu yang disajikan. Tahap pertama salad sayur,  tahap kedua sup asparagus, dan tahap ketiga makanan pokok dengan dua pilihan yaitu steak  ikan tuna atau nasi, sayur rumpu rampe, daging sapi lada hitam dan ikan tuna panggang. Tahap empat,  puding coklat saus buah lemon dan anggur serta  tahap kelima kopi organik Ngada atau teh kelor Semau.
Jamuan makan siang bersama Bapak Viktor B. Laiskodat dilaksanakan sedikit berbeda dari biasanya. Kami menyiapkan secara table manner. Hal ini dimaksudkan agar seluruh ASN di BKD Provinsi NTT mempelajari dan melaksanakan tata cara makan table manner sebagai bentuk penghargaan kepada pimpinan nomor satu di provinsi ini.
Table manner  merupakan sebuah aturan umum yang digunakan ketika sedang mengkonsumsi makanan, termasuk di dalamnya penggunaan alat-alat makan hingga posisi duduk yang baik. Jamuan table manner mempunyai aturan-aturan penting antara lain kesopanan, reservasi, cara duduk, penggunaan alat makan, serbet makan, cara bicara saat makan, cara makan, dress code, dan menu makan.
Untuk mempersiapkan tata cara makan table manner ini , seluruh ASN  BKD telah mengikuti Bimbingan Teknis Capacity Building yang salah satu materinya adalah table manner. Tujuannya agar seluruh pegawai paham aturan table manner dan dapat mempraktekkannya. Paktek dilakukan selama 3 hari dengan membagi pegawai secara bergilir. Hari pertama  Rabu, 9 Juni 2021 saat jamuan makan bersama Bapak Viktor B. Laiskodat. Hari kedua Kamis, 10 Juni 2021 saat Bimbingan Teknis Capacity Building. Pada hari kedua kami kedatangan tamu untuk makan bersama dengan  Sekretaris Daerah Provinsi NTT,  Bapak Ir. Benediktus Polomaing  dan hari ketiga Jumat, 11 Juni 2021, kami melakukan praktek bersama Bapak Jhon Estein, S.Kom. MCs salah seorang narasumber pada Bimbingan Teknis Capacity Building. Praktik yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut ini bertujuan agar seluruh ASN dapat mengetahui dan mempraktekan table manner secara baik dan benar.
Dalam praktek table manner ASN yang berjumlah 95 orang dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama sebagai pelayan, kelompok kedua duduk menikmati jamuan  makan dan kelompok ketiga mempersiapkan hidangan makan. Hari kedua dan ketiga secara bergilir kelompok satu menjadi  ke kelompok dua dan kelompok kedua ke kelompok tiga dan seterusnya.
Akirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur NTT yang bersedia bersama ASN BKD NTT dalam jamuan makan siang bersama dan menjadi penyemangat kami dalam melaksanakan tugas dan tangung jawab kami ke depan.

Penulis : Henderina S. Lasikodat, SP, MSi

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top