03 Mar

Sosialisasi SPCP IPDN Dan Sekolah Kedinasan Ke Tanah Sumba

Waingapu, BKD.PROVNTT.GO.ID - Melihat situasi perkembangan  saat ini, tuntutan perubahan kearah yang lebih baik terkait pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur serta pelayanan kepada masyarakat adalah hal yang harus dipenuhi setiap organisasi pemerintahan yang ada. Oleh karenanya pemerintah terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam segala bidang, termasuknya di dalamnya terkait dengan perekrutan sumber daya manusia yang berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara demi menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia lebih baik di masa depan.

Salah satu program peningkatan sumber daya manusia di bidang pemerintahan ialah perekrutan calon Aparatur Sipil Negara melalui wadah sekolah kedinasan yang dimiliki oleh Kementrian Dalam Negeri yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). IPDN mempunyai seperti tertuang dalam visi-nya yaitu “menyiapkan kader pimpinan perintahan yang professional, demokratis dan berwawasan kebangsaan”.

Sejalan dengan maksud di atas, demi mendorong minat dan meningkatkan keikutsertaan putra-putri terbaik di daerah khususnya di Provinsi NTT, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT di tahun 2020 ini melaksanakan kegiatan Sosialisasi Seleksi Calon Praja IPDN (SPCP IPDN) dan Sekolah Kedinasan lainnya. Pelaksanaan sosisalisasi ini dilaksanakan di seluruh SMA yang ada di Kab/Kota se-Provinsi NTT.

Pada tanggal 19 maret 2020, kegiatan sosialisasi ini dilakukan di Kabupaten Sumba Timur dan dipusatkan di SMA Negeri 1 Waingapu yang melibatkan seluruh pelajar Kelas XII beserta para Guru yang ada di sana. Materi yang disampaikan dalam acara Sosialisasi SPCP IPDN Tahun 2020 adalah materi yang telah dipersiapkan dan seragam untuk semua kabupaten/kota di Provinsi NTT, yang meliputi : Persyaratan Umum, Alur pendaftaran, cara mendaftar, tahapan seleksi dan lain-lain. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan semangat dan memotivasi bagi para pelajar untuk mengikuti seleksi Calon Praja IPDN. Acara sosialisasi yang dibuka oleh Bapak Putu Gede, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Waingapu ini berjalan dengan baik dan mendapat respon yang positif dari para pelajar yang hadir. Penulis sebagai pemateri pada kegiatan ini juga membagi pengalaman ketika mengenyam pendidikan di Kampus IPDN termasuk sistem perkuliahan dan fasilitas kampus serta kelebihan sekolah kedinasan yang memilikii peluang kerja yang terbuka lebar.

Penulis   :  Lusi Anriany Soulisa, S.STP (Alumni IPDN Angkatan XXIII)
                 Staf pada Sub Bagian Keuangan, BKD Provinsi NTT

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top