07 Jul

SMAN 3 Kota Kupang Siap Implementasi PPK Online Untuk Penilaian Kinerja Guru Yang Lebih Obyektif dan Transparan

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID-Dalam rangka memenuhi undangan Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Kupang pada kegiatan Workshop Review dan Revisi Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Negeri 3 Kota Kupang Tahun Ajaran 2020/2021 yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 6 Juli 2020, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT menugaskan 2 orang PNS di lingkungannya yaitu Gergorius Babo, S.Kom (Kepala Sub Bidang Penilaian Kompetensi dan Kinerja) dan Santa Anna Trihastuti, S.Kom., MIS (Pranata Komputer Muda) untuk hadir mewakili Kepala BKD Provinsi NTT sekaligus membawakan materi “Penilaian Kinerja Guru”.

Dalam sambutan pembukanya, Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Kupang Dra. Selfina S. Dethan menyampaikan terima kasih kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT yang telah menugaskan 2 ASN BKD Provinsi NTT untuk mewakili beliau hadir pada kegiatan yang diselenggarakan di Aula SMAN 3 Kota Kupang. Ia berharap bahwa apa yang akan disampaikan narasumber dapat dipahami oleh undangan yang hadir sebagai persiapan proses implementasi aplikasi PPK Online di sekolah tersebut.

Penyampaian oleh narasumber dibagi dalam 2 (dua) sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Kasubid Penilaian Kompetensi dan Kinerja, Gergorius Babo, S.Kom yang memaparkan tentang Struktur Organisasi BKD Provinsi NTT termasuk di dalamnya tentang tugas pokok Sub Bidang Penilaian Kompetensi dan Kinerja. Dan dilanjutkan dengan pemaparan terkait bagaimana menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan apa saja manfaat dari implementasi aplikasi PPK Online. Sesi kedua adalah pengarahan teknis tentang pengoperasian aplikasi PPK Online oleh Santa Anna Trihastuti, S.Kom., MIS. 

Selama pemaparan materi tentang aplikasi PPK Online, para narasumber beberapa kali membuka diskusi interaktif dengan para peserta untuk membuat suasana workshop lebih hidup, juga membangun semangat para peserta untuk tetap bersemangat mengikuti materi. Mengingat keterbatasan waktu yang diberikan, narasumber hanya memberikan penjelasan tentang pengoperasian aplikasi, tanpa diikuti oleh praktek penginputan SKP oleh peserta selain keterbatasan fasilitas koneksi internet.

Di akhir sesi, Ibu Selfina S. Dethan kembali menegaskan bahwa akan segera mengimplementasikan aplikasi PPK Online di lingkungan SMAN 3 Kota Kupang untuk menilai kinerja guru yang lebih obyektif dan transparan. Ia menyampaikan bahwa akan segera bersurat secara resmi kepada Kepala BKD Provinsi NTT untuk mengajukan permohonan pembuatan akun aplikasi PPK Online bagi para guru dan staf tata usaha yang berstatus PNS di lingkup sekolah yang ia pimpin. Ia menambahkan lagi bahwa akan mengirimkan perwakilan guru PNS untuk belajar aplikasi PPK Online secara intensif di kantor BKD Provinsi NTT.

Penulis : Santa Anna Trihastuti

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top