31 May 22

Selamat Bergabung, 187 Calon PNS dan 1414 Pegawai PPK terima Surat Keputusan Gubernur NTT

BKD.NTTPROV.GO.ID, bertempat di halaman Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, Selasa 31/5/2022, telah dilaksanakan seremoni penyerah Surat Keputusan Gubernur NTT tentang Pegangkatan CPNS dan PPPK Guru Tahap I Lingkup Pemerintah Prov NTT formasi tahun anggaran 2021. Proses penyerahan SK ini merupakan bagian dari rangkaian seleksi yang dilaksanakan sejak bulan Juni tahun 2021. Seleksi CPNS meliputi tahapan Seleksi Administrasi, seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang, sedangkan seleksi PPPK meliputi 2 tahapan yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Sebanyak 1601 CPNS dan PPPK Guru hadir dalam upacara penyerahan SK tersebut, sesuai laporan kegiatan yang dibacakan oleh Bapak Frans Wotan selaku kepala bidang Perencanaan Pendidikan dan SIMPEG . “Rincian formasi tahun anggaran 2021 adalah sebagai berikut: Formasi CPNS: tenaga teknis 160, terisi 157 formasi, tenaga Kesehatan 38 terisi sebanyak 36 formasi. Formasi PPPK Non Guru: tenaga teknis 32 terisi 3 formasi, tenaga Kesehatan 32 formasi tidak terisi. Formasi PPPK Guru tahap 8321 formasi tersisi tahap I 1417 formasi dan tahap II 1638 Formasi”.

Dalam sambutan Gubenur NTT yang dibacakan oleh Kepala BKD Ibu Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si, Beliau menegaskan beberapa hal penting kepada para CPNS dan PPPK. “Sebagai ASN, saudara-saudara harus memiliki core values ‘BERAKHLAK’ yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif”, ujar beliau. Pada akhir sambutannya Gubernur menyampaikan 5 pesan penting bagi para peserta antara lain (1) Milikilah komitmen dan moralitas serta rasa tanggung jawab penuh terhadap profesi; (2) Milikilah disiplin dan etos kerja yang tinggi; (3) Pahami posisi, peran, tugas, fungsi dan kewenangan instansi dimana saudara ditempatkan; (4) Milikilah pengetahuan dan wawasan, serta kemampuan untuk bekerja sama dalam tugas-tugas selaku aparatur pemerintah; (5) Milikilah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan unit kerja dimanapun saudara ditempatkan.

Setelah upacara, Tim Media BKD mewawancarai beberapa perwakilan peserta. Saat ditanya perasaannya setelah menerima SK, Agustinus Nogo, Guru Pendidikan Khusus SLB Negeri Borong, berujar “ Saya sangat bersyukur diangkat dan mengambil bagian dalam meningkatkan Pendidikan anak”. Senada juga rekan-rekan beliau Drs. Menase Atalo, Guru PPKN, SMKN Malaipea, dan Muhammad Yusuf, S.Pd, Guru PENJASORKES, SMAN 1 Nggaha Ori Angu, mengaku sangat bahagia setelah penantian lama akhirnya mendapatkan SK PPPK dari Pemerintah.  Selain itu Mewakili para PNS, Andi Rahmatulan Jum’ah Mursyid, Fisioterapis Ahli Pertama, RSUD Prof Dr. W.Z. Johannes Kupang juga menyampaikan hal serupa. “ Saya sangat gembira karena sudah menanti SK ini selama 5 Bulan” tandasnya. Para peserta yang diwawancarai berharap dapat memberikan kemapuan terbaik mereka untuk membangun NTT dan mengabdi pada instansinya masing-masing.

Diakhir kegiatan panitia menghimbau agar para tenaga PPPK dan CPNS yang telah mendapatkan SK agar segera melapor diri pada instansi masing-masing dan segera mulai melaksanakan tugas. Adapun pembagian SK bagi para CPNS akan berlangsung dalam beberapa hari sehingga diharapkan para CPNS memperhatikan jadwal pengambilan SK yang tertera pada pengumuman resmi diwebsite BKD.

 

Penulis: Facun Baur

Foto: Kevin Daud

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top