03 Mar

Sebar Informasi Sekolah Kedinasan Ke Tambolaka

Tambolaka, BKD.PROVNTT.GO.ID - Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT selaku Instansi Pembina Kepegawaian di daerah, melaksanakan sosialisasi terkait Penerimaan Calon Praja IPDN / Mahasiswa Pendidikan Kedinasan ke Kabupaten / Kota se-Provinsi NTT sebagai upaya memotivasi dan mendorong minat putera-puteri asal Provinsi NTT, serta memperluas penyebaran informasi terkait SPCP IPDN Tahun 2020. Salah satu sekolah yang didatangi untuk penyelenggaraan sosialisasi dimaksud adalah SMA Negeri 1 Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2020, Petugas sosialisasi memberikan gambaran kepada siswa yang berminat untuk memasuki sekolah perguruan tinggi kedinasan, khususnya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Mulai dari gambaran umum persyaratan masuk, yang mana terdiri dari persyaratan umum, persyaratan administrasi, persyaratan khusus dan alur pendaftaran melalui Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) melalui laman www.sscasn.bkn.go.id, serta menceritakan pengalaman penulis selama mejadi Praja IPDN untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kehidupan asrama di Ksatrian Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Sekolah kedinasan yang merupakan binaan dari Kementerian Dalam Negeri ini selalu menjadi sekolah yang didambakan sebagian besar siswa SMA ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Selain karena segala biaya perkuliahan sudah ditanggung Pemerintah, jaminan mendapat pekerjaan sudah menjadi kepastian karena setelah selesai menamatkan pendidikan lulusan perguruan tinggi ini sudah mengantongi SK sebagai seorang Calon Pegawai Negeri Sipil dan akan diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada jenjang Golongan Ruang Penata Muda III/a”, sambung petugas.

Sosialisasi yang diberikan bagi siswa kelas XII ini disambut secara antusias oleh para peserta dan juga beberapa guru pendamping, Para peserta juga bertanya terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan teruatama IPDN. Dalam sosialisasi juga disampaikan tatacara dan trik-trik untuk para siswa untuk dapat menembus persaingan dalam penerimaan Calon Praja. Dalam pemaparan singkat tersebut, juga diputarkan video selayang pandang Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) agar dapat memberikan gambaran kepada para peserta bagaimana lingkungan kampus dan beberapa fasilitas kampus yang ada. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam suasana penuh keakraban dan komunikatif.

Terkait mekanisme lebih lanjut mengenai pendaftaran penerimaan calon praja IPDN Tahun 2020 sendiri, akan dilakukan secara terpusat dan online melalui website resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yaitu melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Informasi lain terkait pendaftaran online ini juga  diperoleh melalui laman https://spcp.ipdn.ac.id dan website resmi BKD Provinsi NTT di laman www.bkd.nttprov.go.id.

Penulis : I Putu Gede A. Wijaya

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top