28 Jul 21

Rapat Tanggapan Auditee Terhadap Hasil Audit Internal Periode II Tahun 2021 pada BKD Provinsi NTT

Kota Kupang, bkd.nttprov.go.id. Bertempat di Ruang Rapat Lingae BKD Provinsi NTT, berlangsung kegiatan Rapat Tanggapan Auditee terhadap hasil audit internal periode II tahun 2021 pada hari Jumat, 30 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 WITA. Rapat dipimpin oleh Bapak Nikolas Muni,SE selaku Lead Auditor dihadiri oleh Ibu Henderina S. Laiskodat SP, M.Si (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT), Para Pejabat Struktural dan Tim Auditor Internal Lingkup BKD Provinsi NTT.

“Bapak Ibu yang punya inovasi diharapkan untuk memberikan tanggapan terhadap temuan audit baik itu bersifat mayor, minor ataupun yang sifatnya observasi serta  berusaha untuk melengkapi berkas administrasi belum dilengkapi sehingga menjadi temuan .” Hal tersebut disampaiakan Kepala BKD Provinsi NTT saat memberikan arahannya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tahapan/proses dalam melaksanakan audit internal yang dipersyaratkan dalam SMM ISO 9001:2015 yang mana kegiatan Audit Internal tahap Ke II Tahun ini telah dilaksanakan sejak tanggal 22 s.d 30 Juni 2021. Kegiatan audit kali ini lebih difokuskan untuk mengaudit Inovasi Daerah yang telah dibuat oleh pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional lingkup BKD Provinsi NTT dengan tujuan untuk mengidentifikasi lebih awal Inovasi yang telah dibuat terutama pada  capaian kinerja  inovasi dan penerapannya, sebelum nantinya akan diaudit oleh Auditor Eksternal dari Inspektorat Daerah Provinsi NTT.

Terdapat 19 Inovasi yang dinilai pada kegiatan ini yang mana sebagian besar adalah inovasi yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan daerah atau secara khusus berhubungan langsung dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing Auditee (Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional)

Selain untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen guna menanti Audit Eksternal dari Inspektorat Daerah Provinsi NTT, dari 19 Inovasi yang dibuat BKD Provinsi NTT juga mengusulkan 16 Inovasinya untuk dilombakan pada Penilaian Indeks Inovasi Daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sehingga melalui kegiatan Audit Internal kali ini diharapkan meminimalisir kesalahan dalam mengajukan Inovasi untuk dilombakan.

 

Penulis : Tri Selan

 

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top