05 Jun 21

Penyampaian Usulan Kebutuhan ASN Lingkup Pemprov NTT Tahun 2021

Sesuai Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor B/584/M.SM.01.00/2020 Tanggal 13 Juli 2020  tentang Usulan Kebutuhan ASN Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan Usulan Kebutuhan Formasi CASN Lingkup Pemprov. NTT Tahun 2021 yang terdiri dari formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru.

Perhitungan kebutuhan ASN ini diharapkan memperhitungkan mekanisme penyederhanaan birokrasi sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 130/1970/OTDA tentang Penyederhanaan Birokrasi pada Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tujuan dan sasaran penyederhanaan birokrasi adalah untuk meningkatkan efektivitas pemerintahan dan percepatan pengambilan keputusan guna meningkatkan pelayanan publik dan birokrasi yang lebih dinamis, agile, dan professional guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mendukung kinerja pelayanan pemerintah. Melalui penyederhanaan birokrasi diharapkan dapat mendorong efektivitas dan efiensi kinerja, terjadinya percepatan sistem kerja, mewujudkan profesionalitas ASN, adanya fokus pada pekerjaan fungsional dan terwujudnya birokrasi yang dinamis dan agile guna mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Penyederhanaan birokrasi menjadi penting karena struktur organisasi mencerminkan strategi dalam pencapaian tujuan suatu organisasi. Penyederhanaan birokrasi ini merupakan tindakan pemangkasan atau penyetaraan beberapa jabatan struktural dialihkan ke jabatan fungsional melalui Penyesuaian atau Inpassing pada jabatan fungsional yang setara. Ruang lingkup jabatan yang akan disetarakan yaitu Jabatan Administrasi yang terdiri dari Jabatan Administrator (eselon III), Jabatan Pengawas (eselon IV) dan Jabatan Pelaksana (eselon V).

Selain itu, aspek lain yang perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun kebutuhan ASN adalah adanya perubahan Sistem Kerja Pegawai ASN dalam tatanan Normal Baru pandemic Corona Virus Disease (Covid-19) dimana teknologi sangat berperan dalam menyelesaikan tugas kedinasan.  Tatanan dan kebiasaan baru mendorong pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dengan berbasis kemajuan teknologi dan informasi. Untuk mempermudah penyusunan kebutuhan ASN secara nasional, setiap instansi diharapkan untuk melakukan perhitungan ulang kebutuhan per satuan kerja/unit organisasi dan dirinci jenis jabatan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan teknologi serta melakukan evaluasi kembali penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai dengan tatanan normal baru.

Penulis: Maria Y. S. Kiak
Photo Credit: R. A. Welvart

Simak video Penyampaian Usulan Kebutuhan Formasi CASN Pemprov NTT | Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT

#BKDNTT #PROVINSINTT #SELEKSICASNTAHUN2021 #USULANFORMASICASN #CASNTAHUN2021

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top