01 Jan

Penjabat Sekda TTU Mendukung Assessment yang Obyektif

Kefamananu, BKD.NTTPROV.GO.ID –  Kegiatan penilaian kompetensi manajerial tahun 2020 dimulai dengan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara yang dimulai Kamis (23/01/2020). 

Sesuai peraturan untuk mengisi jabatan yang lowong, pemerintah daerah wajib melakukan lelang terbuka untuk jabatan yang lowong. ASN yang memenuhi syarat dibuka kesempatan untuk melamar dan bersaing secara kompetitif. 

ASN yang memenuhi syarat seleksi administrasi harus mengikuti rangkaian penilaian, mulai penilaian kompetensi bidang, kompetensi manajerial hingga kompetensi sosial kultural (perekat bangsa). 

Untuk melaksanakan penilaian kompetensi manajerial, Pemerintah Kabupaten TTU bekerja sama dengan Assessment Center Provinsi NTT. Pemerintah Provinsi NTT mengirimkan tim penilai sebanyak 7 orang terdiri-dari Gergorius Babo, S.Kom (Pejabat Pengawas/Pengendali), Yohanes Tael Lim, SE, MM (Administrator), Sandra Benyamin, SE (Asesor), Yohanes B.A. Kapa, S.Fil (Asesor), Agustinus W.S. Tokan, SSTP, MM (Asessor), Adithya Perdana Arka, SSTP, MM (Asesor), dan Petra Maria Amfy Neo, S.Sos (Minlap).

Adapun jumplah JPTP yang lowong sebanyak 9 jabatan, yakni Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kepala Badan Pengelola Perbatasan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Penananaman Modal dan Pelayananin Perijinan Satu Pintu, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Pelamar yang mengikuti seleksi terbuka sebanyak 27 orang. Namun, pada pelaksanaan seleksi kali ini, peserta yang mengikuti tes sebanyak 13 orang, sedangkan 14 orang sudah mengikuti tes di akhir tahun 2019. Berdasarkan regulasi, pelamar yang pernah mengikuti tes dalam rentang waktu maksimal dua tahun dapat menggunakan nilai kompetensi manajerial yang sudah ada.

Pengambilan data dilaksanakan selama dua hari di Hotel Viktory, selanjutnya kegiatan assessment meeting dilakukan secara mandiri tanpa melibatkan peserta. 

Di hari terakhir pengambilan data, Tim Penilai menyempatkan tatap muka dengan Penjabat Sekretaris Daerah, Fransikus Tilis di ruang kerjanya. Gergorius Babo, S.Kom selaku Pejabat Pengawas/Pengendali memperkenalkan seluruh anggota tim kepada Penjabat Sekda. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah TTU yang telah mempercayakan Assessment Center Provinsi NTT.

Tilis mengucapkan terimakasih kepada tim penilaian berkenaan melaksanakan penilaian kompetensi manajerial. Ia kembali menegaskan arahan Bupati TTU agar penilaian ini harus benar-benar obyektif. 

Menanggapi Penjabat Sekda, Yohanes Tael Lim, SE, MM (Administrator) menjamin bahwa penilaian obyektif karena menggunakan metode yang tidak diragukan lagi keakuratannya.

Menurut rencana, penyerahan nilai akan dilaksanakan Senin (26/01/2020) kepada Tim Panitia Seleksi Terbuka. Hasil ini kemudian digunakan untuk penilaian kompetensi bidang yang dilaksanakan oleh Panitia Seleksi. *

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top