15 Jun 21

Pendidikan Sumber Daya Manusia Aparatur menjadi Perhatian dalam Kunjungan Gubernur NTT pada BKD Provinsi NTT

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Gubernur Nusa Tenggara Timur melakukan kunjungan ke ruang kerja Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pada hari Rabu, 09 Juni 2021 sekitar  12.30 Witeng didampingi staf khusus Anwar Pua Geno dan Imam Blegur disambut langsung Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT. Setelah meninjau beberapa ruangan kerja,  acara kunjungan didahului dengan pembacaan laporan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Ibu Henderina S. Laikodat, Sp.M.Si. terkait tugas pokok dan fungsi Badan Kepegawaian Daerah beserta capaian yang sudah dilakukan 2 tahun terakhir yaitu 2019 dan 2020. Ibu Henderina juga melaporkan kegiatan-kegiatan yang sudah, sementara dan yang akan dikerjakan oleh seluruh staf di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tahun anggaran 2021 sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun.

Berkaitan dengan dukungan sumber daya manusia aparatur pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, beliau melaporkan bahwa jumlah Pegawai Negeri Sipil sebanyak 95 orang dengan rincian :

  • Laki-laki          = 54 Orang
  • Perempuan     = 42 Orang 

Selanjutnya sesuai tingkat pendidikan :

  • SMP             = 1 Orang
  • SMA             = 16 Orang
  • D1 s/d DIII    = 19 Orang
  • S1/Sarjana   = 50 Orang
  • S2                =  9  Orang.

Selain itu dalam kesempatan ini, Ibu Henderina juga melaporkan bahwa untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia Aparatur yang berkwalitas dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah memberikan kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dengan tugas belajar dan ijin Belajar. Tugas belajar yang di biayai dari APBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan tugas belajar pihak ketiga dalam tiga tahun terakhir sebagai berikut

  • Tahun 2019   = 59
  • Tahun 2020   = 20
  • Tahun 2021   = 9

Menyikapi laporan Kepala Badan Kepegawaian Daerah terkait dengan upaya meningkaatkan kwalitas pendidikan Aparatur, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam arahannya memberikan motivasi dan dukungan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur agar tidak mudah berpuas diri atas pencapaian dan pengetahuan yang dimiliki, manfatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta keterampilan lain berupa diklat-diklat. “Tidak ada orang yang berhasil tanpa pendidikan, saya mau mendorong kalian semua agar kalian punya semangat dan motivasi diri untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.Manfaatkan sebaik-baiknya program S2 dan S3 yang ada.”. Begitu penting dan berartinya pendidikan bagi pengembangan potensi diri aparatur dalam menjalankan tugas demi tercapainya visi misi dan cita-cita yang diharapkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,sehingga pada kesempatan bermartabat itu pula,beliau menyampaikan, bahwa akan memberikan  biaya pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi S2 lima orang dan S3 lima orang bagi Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan tugas belajar di dalam negeri, Pernyataan Gubernur ini langsung disambut dengan tepuk tangan semua PNS Badan Kepegawaian Daerah yang hadir.

Kunjungan Bapak Gubernur Nusa Tenggara Timur diakhiri dengan makan bersama dengan seluruh staf BKD Propinsi NTT di ruang Sekretariat BKD Provinsi NTT.

Penulis: Frans. A. Wotan

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top