04 Apr

Partisipasi Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi NTT

Kota Kupang, BKD NTTPROV.GO.ID - Selasa 21 April 2020. Musyawarah  Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan tahapan terakhir dalam proses penetapan RKPD Tahun 2021. Forum ini sangat strategis untuk merumuskan perencanaan pembangunan yang berbasis demokrasi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk mempertajam, menyelaraskan dan mengklarifikasi program dan kegiatan  sebagai penjabaran dari RPJMD Provinsi NTT. Forum Musrenbang menjadi landasan legitimasi terhadap perencanaan pembangunan Provinsi NTT Tahun 2021 sebagai satu kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional. Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) mengamanatkan bahwa penyusunan RKPD dilakukan melalui urutan kegiatan : a) penyiapan rancangan awal rencana pembangunan; b) penyiapan rancangan rencana kerja; c) Musrenbang; d) penyusunan rancangan akhir rencana pembangunan. Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Provinsi NTT wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTT sebagai pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi NTT menjadi rencana kerja setiap tahunnya.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 86 Tahun 2017 Pasal 80 menyatakan bahwa Rancangan Awal RKPD sebagaimana dimaksud, dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam Forum Perangkat Daerah untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Kemudian pada Pasal 131 ayat (2) menyatakan bahwa Rancangan Renja Perangkat Daerah, dibahas dan disempurnakan dalam Forum Perangkat Daerah. Hasil Forum Perangkat Daerah dilanjutkan dengan Pra Musrenbang yang diikuti oleh Instansi  yang menangani perencanaan Kabupaten/Kota se-NTT. Kegiatan ini dilakukan pembahasan secara berkelompok sesuai prioritas 1 sampai 7.  Hasil Pramusrenbang akan ditindaklanjuti dalam Musrenbang Tingkat Provinsi NTT.

Selasa, 21 April 2020 Badan Perencanaan Pembangunan  Penelitian  dan Pengembangan Daerah Provinsi NTT melaksanakan Musrenbang tingkat Provinsi NTT yang dihadiri oleh Gubernur NTT, Wakil Gubernur NTT, Ketua DPRD NTT,   Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakikota dan  Bupati seluruh NTT dan Pimpinan perangkat daerah tingkat Provinsi NTT. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual meeting. Tema yang ditetapkan “Meningkatkan nilai tambah industri dan pariwisata berbasis pertanian dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas”.

Adapun susunan acara adalah : menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa, Laporan Ketua Panitia, Sambutan/Pengarahan dari Menteri dalam Negeri, Sambutan/Pengarahan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD, Pembacaan Berita Acara Hasil Musrenbang RKPD Tahun 2020 dan Penyampaian Hasil Musrenbang Provinsi NTT Tahun 2020, dan Sambutan Gubernur NTT. Inilah rangkaian kegiatan Musrenbang Provinsi NTT  Tahun 2020 yang diikuti oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT.

Penulis: Henderina S. Laiskodat (Kepala Badan Kepengawaian Daerah Provinsi NTT)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top