17 Mar 22

Lapor SPT Tahunan Lebih Awal, BKD Prov NTT Terima Penghargaan

BKD.NTTPROV.GO.ID, Pada hari Selasa, 15 Maret 2022 bertempat di ruangan kerja Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Henderina Sintiche Laiskodat, SP, M.Si menerima kunjungan Kepala Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi, S.T.P., MM, Vina Sayta Graha, SE, MM (Kepala Seksi Pengawasan VI) bersama tim. Kunjungan dilakukan untuk memberikan penghargaan karena telah berhasil melaporkan SPT tahunan 100 % sebelum berakhir periode pelaporan pada bulan Maret 2022. “Apresiasi ini diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur karena telah memberikan contoh kepada masyarakat agar melaporkan SPT Tahunan di awal tahun”, demikian tutur Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi.

Selain itu, apa yang telah dilakukan ASN BKD Provinsi NTT ini merupakan cerminan bagi Organisasi Perangkat Daerah / Instansi yang lain karena selain melaporkan SPT Tahunan, ASN juga berkewajiban untuk melaporkan LHKPN/LKASN di awal tahun. Kedua laporan ini saling melengkapi.

Dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi oleh Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui e-Filing sudah ditegaskan terkait kepatuhan wajib pajak. Oleh karena itu, “Sebagai ASN dan juga warga negara yang baik dan taat aturan, maka sudah seharusnya kita melakukan pelaporan SPT Tahunan tepat waktu. Lebih cepat tentu lebih baik”, lanjut Ni Dewa yang diamini Henderina.  Ni Dewa menambahkan bahwa di era digital ini, ASN atau masyarakat pada umumnya sudah dipermudah dengan memanfaatkan fasilitas pelaporan secara online. Karena itu, laporan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Sementara itu, Henderina S. Laiskodat berterima kasih atas penghargaan yang telah disampaikan. Menurutnya, hal ini memberikan motivasi dan semakin meningkatkan kerjasama antara kedua instansi. Ketika dikonfirmasi terkait kiat-kiat yang dilakukan agar pelaporan cepat tercapai 100 %, Henderina menjelaskan bahwa tidak ada kiat-kiat yang istimewa. “Di awal tahun saya memberikan target, bahwa batas akhir pelaporan untuk ASN BKD adalah tanggal 25 Januari. Selanjutnya saya terus menghimbau saat apel pagi dan via grup Whatsapp untuk segera mengisi/menginput laporan pajak”, jelas Henderina. “Saya tidak saja menetapkan target waktu, namun saya terus pantau setiap hari sehingga jika ditemukan kendala, saya bisa melakukan intervensi lebih awal”, ungkap Henderina.  

Penulis: Primus Metboki.

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top