02 Feb

Kunjungan Kepala Badan Kepegawaian Negara Ke Kupang

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selanjutnya disebut Pegawai ASN adalah pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pegawai Negeri Sipil diatur dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 adalah aparatur sipil negara yang mendukung terwujudnya program kerja Pemerintah di tingkat Pusat dan Daerah. Tahun 2019 untuk mendukung terwujudnya program pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksana seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil  (CPNS) Tahun 2019.

Penetapan kebutuhan PNS secara Nasional tahun 2019 yaitu positive growth bagi tenaga guru dan kesehatan dan zero growth bagi tenaga teknis. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 Pasal 1 secara Nasional total alokasi penetapan kebutuhan PNS 197.111. Dengan rincian instansi pusat 37.854 dan instansi daerah sejumlah 159.257. Formasi Provinsi NTT  dan 22 kabupaten kota berjumlah 4.307 terdiri dari formasi guru 1.993, Formasi tenaga kesehatan 1.282 dan formasi tenaga teknis 1.032. Khusus Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat alokasi formasi 507 terdiri dari Tenaga Guru 389, tenaga kesehatan 65 dan teknis 53.

Pada hari Jumat tanggal 7 Februari 2020, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Dr. Ir. Bima. Haria Wibisana, MSIS  bersama Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar (Bambang Hari Samasto) dan Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN (Muhamad Ridwan) berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan kunjungan untuk monitoring pelaksanaan seleksi kemampuan dasar CPNS tahun 2019. Pada kesempatan pertama Kepala BKN bersama rombongan didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT (Henderina S. Laiskodat) bersama Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Asep Syarifudin) dan Kepala Taspen Cabang Kupang berkunjung ke SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata tempat berlangsungnya Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) formasi Kementerian Hukum dan HAM. Dilanjutkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Komputer  UYELINDO Kupang untuk melihat dan menyaksikan Seleksi Kemampuan Dasar CPNS Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan kunjungan ke Politeknik Negeri Kupang untuk melihat Seleksi CPNS Kabupaten Kupang. Untuk seleksi CPNS Provinsi NTT berlangsung dari tanggal 30 Januari 2020 sampai 6 Februari 2020. Pelaksanaan SKD Provinsi NTT berlangsung di Politeknik Negeri Kupang.

Pada kunjungan ini, Kepala BKN dan rombongan bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat untuk berdiskusi tentang kepegawaian di Provinsi NTT. Dalam pertemuan ini membahas mengenai seleksi CPNS di NTT, jabatan fungsional tertentu dan urusan kepegawaian lainnya. Kesan yang diperoleh adalah pelaksanaan seleksi CPNS di Provinsi NTT berjalan dengan baik. Akhirnya, semoga seleksi CPNS 2019 mendapatkan CPNS yang terbaik untuk mendukung pembangunan ke depan.

 

Penulis : Henderina S. Laiskodat, SP., M.Si
(Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top