03 Mar

Kepala SMA Negeri 1 Larantuka : “Sosialisasi IPDN Sangat Penting Demi Anak- Anak Kita”

Larantuka, BKD.NTTPROV.GO.ID - Dalam upaya memberikan informasi yang luas dan terpercaya kepada masyarakat khususnya para putra/putri di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berminat melanjutkan pendidikan di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), maka pada tanggal 19 Maret 2020 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan acara Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN  di  SMA Negeri  1 Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Kepala SMA Negeri 1 Larantuka Bapak Yakobus Milan Betan dalam arahan awal di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa mereka sangat bersyukur karena dikunjungi oleh petugas dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk melakukan Sosialisasi SPCP IPDN karena ini sangat penting untuk anak-anak kita. Dijelaskan pula bahwa memang sudah beberapa alumni dari SMA Negeri 1 Larantuka yang lulus dan mengikuti kuliah di sana (IPDN) tetapi informasi terkait sekolah kedinasan ini masih minim dan hanya diakses oleh orang-orang yang mendapat informasi terkait sekolah kedinasan ini. Dengan sosialisasi ini maka terbuka informasi yang lebih luas bagi siapa saja atau yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengukuti seleksi agar dapat melanjutkan pendidikan di IPDN.

Acara Sosialisasi kali ini mestinya dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Larantuka, namun karena ruangan aula sudah dipersiapkan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa/siswi yang duduk di kelas XII yang akan dilaksanakan bulan April, maka ruangan tersebut telah di-steril karena telah dipasang komputer dan perlengkapannya. Selanjutnya beliau juga mengungkapkan bahwa demi anak-anak kita, kami pihak sekolah telah menyiapkan ruang kelas yang representatif dan dilengkapi peralatan yang memadai agar sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Materi yang disampaikan dalam acara Sosialisasi SPCP IPDN tahun 2020 adalah materi yang telah dipersiapkan dan seragam untuk semua kabupaten/kota di Provinsi NTT. Adapun materi terkait SPCP IPDN kali ini antara lain : Persyaratan Umum, Alur pendaftaran, cara mendaftar, tahapan seleksi dan lain-lain. Namun yang lebih kami tekankan dalam sosialisasi ini adalah bagaimana para peserta didik mampu untuk mendisiplinkan diri masing-masing. Selanjutnya disampaikan pula bahwa kunci untuk sukses dan bisa masuk IPDN adalah belajar yang rajin dan selalu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Larantuka kelas XII yang mengikuti soasialisasi dibagi dalam 2 gelombang karena banyaknya peserta yang mencapai 185 orang. Gelombang pertama dimulai pukul 08.00 WITA sampai dengan jam 10.00 WITA dan gelombang kedua pukul 10.00 WITA sampai dengan pukul 12.00. Para murid secara antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini, serra hadir juga guru-guru SMA Negeri 1 Larantuka. Peserta sosialiasi berharap agar informasi lebih lanjut tentang pembukaan pendaftaran juga diumumkan secara luas sehingga dapat diketahui oleh mereka yang berminat untuk mendaftar.

Fransiskus A. Wotan, S.Sos

 

  Penulis : Fransiskus A. Wotan, Sos
                 (Kabid. Perencanaan, Pendidikan Dan Sistem Informasi Pegawai)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top