06 Oct 21

Kepala BKD Gelar Monev terkait Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional

BKD.NTTPROV.GO.ID - Dua hari setelah melaksanakan peresmian gedung Assessment Center, Rabu, 6 Oktober 2021, Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP.M.Si melakukan rapat evaluasi dengan semua PNS pada Badan Kepegawaian Daerah. Adapun rapat ini adalah bagian dari kegiatan jangka pendek proyek perubahannya dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Tengah.

Membuka rapat evaluasi dimaksud, ia mengapresiasi kerjasama yang telah ditunjukkan oleh semua ASN pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, karena telah menyukseskan rencana jangka pendek dari proyek perubahannya. “Pada hari ini kita melakukan bagian terakhir dari tahapan proyek perubahan saya, dalam Pelatihan Kepemimpinan tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Tengah. Dalam milestone yang telah dirancang ada 10 (sepuluh) tahapan kegiatan yang direncanakan dan pada saat ini saya melakukan evaluasi sembari meminta bapak/ibu memberikan tanggapan terkait pelaksanaannya.”

Dalam evaluasi tersebut, ia menguatarakan bahwa dari semua pencapaian yang telah dilakukan ada dua hal besar yang dilaksanakan mendahului rancangan yang ada, hal tersebut terjadi karena dua tahapan dalam milestone jangka menengah dimajukan untuk dilaksanakan pada periode jangka pendek yaitu penyusuan peraturan gubernur terkait Manajemen Talenta dan Peresmian Gedung Assessment Center serta launching Penilaian Kompetensi berbasiskan Computer Assisted Test (CAT) oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Dalam rapat yang dimaksud dua hal mendasar yang mendapatkan atensi agar dikemudian hari dapat dipersiapkan secara baik dan ditindaklanjuti adalah terkait sosialisasi dan langkah konkrit pengembangan kompetensi. Henderina menegaskan bahwa BKD sudah melakukan sebuah langkah besar dengan membantu Perangkat Daerah untuk menilai kompetensi. “Setelah ini kita harus mendorong Pimpinan Perangkat Daerah untuk wajib melakukan pengembangan kompetensi ASN. Tidak ada lagi namanya meminta tenaga terbaik atau memindahkan seorang ASN ketempat tertentu. Seseorang pemimpin harus membina dan mengembangkan staffnya”. Lanjutnya menanggapi temuan yang disampaikan tim efektif.

Selain itu dalam rapat dimaksud, peran penting sosialisasi terkait beberapa capaian dalam proyek perubahan seperti tersusunnya Peraturan Gubernur Nomor 65 Tahun 2021 tentang Standar Kompetensi Manajerial ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Peraturan Gubernur Nomor 67 tahun 2021 tentang Manajemen Talenta. Kepala BKD Provinsi NTT mendorong bidang terkait untuk segera mensosialisasikan peraturan dimaksud agar semakin banyak ASN yang mengetahui standar yang telah ditetapkan.

Penulis: JB Avodius Kapa (Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top