05 May

Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Selama Work From Home 

BKD.NTTPROV.GO.ID, Sebagai ASN tentunya semua aktifitas diatur dalam aturan yang berlaku, dan sejak pandemi covid 19 telah ada edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia  Nomor 19 / 2020 dan Nomor 34 / 2020 yang ditindaklanjuti dengan surat edaran Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 443/06/B02.1 dan Nomor 443.1/07/B02.1 Tahun 2020 yang mengatur sistem kerja ASN dan Pegawai BUMN/BUMD/SWASTA tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid 19) di Provinsi NTT. Menindaklanjuti surat edaran Gubernur NTT maka Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT membuat jadwal masuk dan keluar kantor sehingga  ASN dapat bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) dengan maksud untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 dimaksud. 

Selama WFH aktifitas rutin di kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT  tetap berjalan sebagaimana biasanya seperti surat menyurat, koordinasi dengan pimpinan, antar ASN, maupun dengan Kabupaten/Kota se Provinsi NTT sehingga urusan pemerintahan tetap berjalan dengan baik. Terkait surat menyurat ini diproses oleh pengelola sampai selesai tanda tangan pimpinan dan proses pengiriman kepada tujuan surat dengan cara WhatsApp sampai pada pengarsipan surat dimaksud. 

Sebagai ASN dalam menjalankan rutinitas pekerjaan saat berada di kantor ataupun dari rumah ada juga kendala yang dihadapi atau ada suka dukanya. Aktivitas yang membatasi ASN untuk berkomunikasi guna menerapkan Social Distancing ini menyebabkan ASN yang awalnya belum memahami tentang teknologi pada akhirnya memacunya untuk harus mencari tahu dan bisa menggunakan teknologi karena jaman sudah menuntut untuk bisa memahami dan menGgunakan aplikasi yang berbasis online seperti :

1.Jika ada pekerjaan dan informasi yang baru yang akan disampaikan oleh pimpinan ini bisa dilakukan oleh semua ASN dengan melalui Video Converence dengan melalui aplikasi Teamlink;
2.Jika ada pekerjaan yang dibutuhkan dikantor namun ASN pengelola tidak berada dikantor karena jadwal masuknya per-sift maka pekerjaan tersebut dapat dikirim melalui aplikasi WhatsApp;
3.Aturan masuk dan keluar kantor juga tetap berjalan dengan jam dan jadwal yang telah ditentukan, sehingga untuk menentukan ASN tersebut masuk kantor tepat waktu maka digunakan Aplikasi Camera GPS (Absen Online).

Pada akhirnya dapat dikatakan bahwa menghadapi pandemic covid 19 ini memicu beberapa ASN yang awalnya kurang paham terkait teknologi dapat membuat ASN tersebut menjadi paham dan dapat menggunakan aplikasi yang berbasis  teknologi, namun sedikit kendala yang ada yakni semua aktifitas yang berbasis online tersebut jika dilakukan pada saat WFH / bekerja dari rumah ini sedikit terganggu karena adanya anggota keluarga yang juga membutuhkan perhatian seperti anak yang masih usia Taman Kanak-Kanak (TK) juga mempunyai kegiatan belajar secara online dan masih membutuhkan bimbingan dari orang tua, selain itu juga koordinasi dan konfirmasi yang dibutuhkan oleh Pimpinan/ teman ASN dari kantor ini menjadi terganggu karena adanya halangan dimana bersamaan dengan itu adanya urusan dalam rumah yang tidak bisa ditinggalkan seperti salah satu anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan perhatian.

Demikian sekilas kisah dan suka duka dalam menghadapi pandemic covid 19 ini, kiranya wabah yang mendunia ini cepat berlalu sehingga kerinduan untuk dapat bekerja sebagaimana biasanya dapat terwujud dan kiranya Tuhan menyertai dan mendengarkan doa kita semua. 

Penulis: Maria P. Amfy Neo 
 

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top