29 Apr 22

Dukung Pariwisata Sebagai Prime Mover Pembangunan, BKD Terbitkan Buku Eksotika NTT Dari Tatapan ASN

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID – Pada hari Rabu, 27 April 2022, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si mendampingi Sekretaris Daerah selaku Ketua Dewan Pembina KORPRI menemui Gubernur NTT di ruang kerjanya. Disaksikan Kepala BKD, Sekretaris dan para Kepala Bidang serta sejumlah ASN dari BKD, Sekretaris Daerah menyerahkan buku “Eksotika NTT” kepada Gubernur sebagai bentuk komitmen dan dukungan KORPRI dalam menjadikan sektor Pariwisata sebagai penggerak utama (prime mover) pembangunan di NTT.

Menanggapi penyerahan buku tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa ASN, apalagi di level Eselon III, perlu memiliki mindset dan perilaku kolaboratif.

“Kolaborasi itu hanya bisa terjadi kalau kita memiliki helicopter view atau gambaran besar (having a big picture) tentang apa yang sedang terjadi dan akan dilakukan di provinsi ini. Karena itu kita tidak bisa hanya ahli di bidang kita saja dan apatis terhadap hal di luar bidang tugas kita. Sebaliknya, kita harus belajar dan tahu tentang bidang atau sektor lain”, kata Gubernur NTT.

Gubernur menjelaskan bahwa selain bisa memiliki gambaran yang komprehensif tentang sesuatu, dengan belajar hal di luar keahlian kita, kita dapat sekaligus mengembangkan diri kita. “Kapasitas otak kita dengan sendirinya akan berkembang kalau kita terus menerus mempelajari hal yang baru”, ungkap Gubernur.

Merespon pernyataan Gubernur, Henderina menyampaikan bahwa dalam konteks kolaborasi seperti yang disampaikan Gubernur, kumpulan tulisan para ASN ini merupakan bentuk konkret kolaborasi yang bisa dilakukan BKD.

“Memajukan sektor pariwisata adalah tugas seluruh ASN, bukan hanya mereka yang bekerja di Dinas Pariwisata. Karena itu, kumpulan narasi deskriptif para ASN tentang objek wisata di NTT sebagaimana termuat dalam tulisan-tulisan ini merupakan salah satu kontribusi positif yang dapat kami berikan untuk mempromosikan pariwisata NTT”, ujar Henderina mengomentari momen penyerahan buku tersebut.

Henderina menyampaikan bahwa buku ini merupakan kumpulan tulisan ASN yang dilombakan pada HUT ke-KORPRI pada 29 November 2021. Tulisan para pemenang lomba yang dikurasi oleh para juri kemudian diseleksi dan diedit oleh Tim Editor antara lain Dr. Marselus Robot, M.Si, Karus Maria Margareta, M.Pd, dan Laurensia Elya Puspita, M.Pd.

Selain mendapat apresiasi dari Gubernur, upaya BKD untuk mengkanalisasi gagasan kreatif para ASN juga diapresiasi oleh Tim Editor. Mereka menilai upaya BKD tersebut merupakan stimulus untuk menumbuhkan tradisi literasi di kalangan ASN.

“Gagasan kreatif dan alternatif ini dapat menawarkan solusi atau minimal menjadi lampu kecil di lorong sejarah yang berusaha mencahayai jalan pembangunan menuju NTT Bangkit, NTT Sejahtera”, ungkap Tim editor dalam pengantar buku tersebut.

Penulis: Wilfrid K. Nono

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top