07 Feb 22

Deklarasikan Core Values ASN, Kepala BKD Ajak ASN Berubah

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID – Bertepatan dengan apel kesadaran KORPRI (17/1/2022), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT memimpin deklarasi nilai-nilai dasar (core values) ASN yang sudah di-launching secara nasional pada 27 Juli 2021. Deklarasi yang diikuti oleh seluruh ASN BKD tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran dan menguatkan komitmen bersama dalam menciptakan budaya kerja “BERAKHLAK” di lingkungan BKD.

“BERAKHLAK” adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dengan menghidupkan nilai-nilai tersebut dalam aktivitas perkantoran sehari-hari, diharapkan tercipta suasana kerja yang kondusif dan terbangun kerja sama dalam melakukan perbaikan pelayanan secara terus menerus seiring pesatnya perubahan lingkungan eksternal.

Memang setelah launching secara virtual oleh Presiden Jokowi, para ASN sudah dapat mengakses core values tersebut pada laman resmi Kementerian PANRB. Hal ini terlihat dari hasil survey internal BKD yang menunjukkan bahwa 91,2 % ASN sudah mengetahui perihal penyeragaman core values ASN secara nasional. Meskipun hampir semua ASN BKD sudah mengetahuinya, survey yang sama menunjukkan bahwa baru 73,7 % yang dapat memahami dan menjelaskannya kepada orang lain secara meyakinkan.

Karena itu dalam arahannya, Kepala BKD, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si, mengajak seluruh ASN untuk mempelajari dan mempedomani nilai-nilai yang telah dideklarasikan. “Saya minta agar daftar nilai-nilai dasar ini bisa dicetak dan diletakkan di meja kerja masing-masing agar bisa dilihat setiap hari dan dijadikan acuan dalam pelaksanaan tugas”, himbau Henderina.

Selain memimpin deklarasi nilai-nilai budaya kerja, Kepala BKD juga menyerahkan piagam penghargaan kepada role model budaya kerja Tahun 2022 yang terpilih dari masing-masing kategori: Ibu Agnes Ina Odjan, S.S untuk kategori Jabatan Administrator, Ibu Nafilitalia Anu, S.STP, M.Si untuk kategori Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional Ahli Muda, Ibu Kristina Gembira untuk kategori Pejabat Fungsional Ahli Pertama dan Fungsional Terampil, serta Bapak Stefyan J. Yunanto Fuy, S.STP untuk kategori Pejabat Pelaksana.

Para role model pilihan responden tersebut diminta agar menjadi teladan, fasilitator, dan agen perubahan yang bisa mendorong, menggerakkan, dan mempromosikan nilai-nilai dasar “BERAKHLAK” di kalangan sesama ASN khususnya di lingkungan Badan Kepegawiaan Daerah Provinsi NTT.

Hal yang dilakukan BKD ini diharapkan bisa mengubah pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) ASN guna mendukung percepatan reformasi birokrasi. Dalam survey evaluasi terhadap implementasi pengembangan budaya kerja di lingkungan BKD terungkap bahwa dalam hal kepemimpinan dan manajemen serta dalam hal pola pikir dan cara kerja, BKD sudah masuk kategori “BAGUS”. Itu artinya, pemimpin sudah menunjukkan komitmen yang tinggi dan para ASN sudah menunjukkan perubahan mind set serta kemauan untuk merubah kultur birokrasi. Yang perlu dilakukan adalah mempertahankan dan terus mengembangkannya agar menjadi lebih baik lagi.

Yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana komitmen dan mind set perubahan ini bisa diimplementasikan dan diinternalisasikan sehingga menjadi bagian dari perilaku kerja sehari-hari. Semoga deklrasi dan penunjukkan role model bisa menjadi mendorong percepatan transformasi budaya kerja di lingkungan BKD.

Penulis : Wilfrid Kako Nono (Asesor SDM Aparatur)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top