18 Aug 21

BKD NTT Siapkan SOP PENKOM Berbasis CAT

BKD.NTTPROV.GO.ID - Penilaian kompetensi berbasis CAT (Computer Assisted Test) sejauh ini sudah diselenggarakan oleh Assessment Center BKD Provinsi NTT. Akan tetapi Standard Operating Procedure (SOP) asesmen berbasis CAT belum ditetapkan. Untuk itu Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT mulai menggodok SOP Penilaian Kompetensi ASN Berbasis CAT tersebut.

Pada Senin, 18 Agustus 2020, diadakan rapat pembahasan SOP di Ruang Rapat Lingai BKD Provinsi NTT, yang dipimpin langsung oleh Kepala BKD Provinsi NTT, Hendrina Sintinche Laiskodat, SP, M.Si.

Dalam arahannya, Ibu Henderina menyampaikan pentingnya pembaruan SOP ketika terjadi perubahan tata cara atau prosedur dalam proses administrasi kepegawaian, termasuk dalam hal penilaian kompetensi yang menjadi tupoksi BKD.

“Hari ini saya sengaja mengundang Bapak/Ibu Asesor SDM Aparatur dan beberapa pejabat pelaksana dari sekretariat agar kita dapat membahas bersama SOP Penilaian Kompetensi ASN Berbasis CAT. SOP ini sangat penting sebagai pedoman dalam penilaian kompetensi yang sudah mulai menggunakan sistem CAT. Ada perubahan metode, jadi SOP untuk metode yang baru ini harus ada,” tegas Henderina.

“Proyek perubahan saya untuk Pelatihan Kepemipinan Nasional Tingkat II atau PKN Tingkat II adalah ‘Strategi Implementasi Penilaian Kompetensi ASN (Si Pasti)  Berbasis CAT (Computer Assisted Test) Untuk Mendukung Sistem Merit Di Lingkungan Pemerintah  Provinsi NTT,’ maka pertama-tama mesti ada SOP Penilaian Kompetensi ASN Berbasis CAT,” lanjutnya.

Hadir dalam rapat tersebut sejumlah pejabat fungsional Asesor SDM Aparatur dan beberapa pejabat pelaksana dari Sekretariat BKD. Seorang pejabat fungsional Asesor SDM Aparatur ditugaskan untuk mempersiapkan dan memprensetasikan rancangan SOP dimaksud, sementara para peserta lainnya memberikan sejumlah masukan. Diskusi berlangsung alot, hingga dicapai simpulan akhir.

Forum tersebut merekomendasikan agar rancangan tersebut direvisi. Perbaikannya paling substansial adalah bahwa SOP CAT dipisahkan dari SOP Surat Masuk dan Surat Keluar, serta SOP SK Penetapan Peserta. SOP CAT harus langsung berkaitan dengan teknis penilaian kompetensi yang menggunakan sistem CAT. Di samping itu, perlu diteliti lagi kesalahan pengetikan dan detail tahap demi tahap agar dapat dihasilkan SOP final yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penulis : Luis Aman

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top