02 Feb

BKD Gelar BIMTEK Tata Naskah Dinas untuk PNS Lingkup BKD Provinsi NTT

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Untuk mewujudkan tertib administrasi pemerintahan serta mendukung kelancaran komunikasi tertulis pada penyelenggaraan tata naskah dinas, maka Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Naskah Dinas bagi seluruh PNS Lingkup Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan total peserta sebanyak 91 Orang. Bimtek ini dilaksanakan selama (2) dua hari, dimulai pada Kamis, 13 Februari sampai dengan Jumat, 14 Februari 2020 yang bertempat di Aula Fernandes Lantai 4 Gedung Sasando.

Bimtek  Tata Naskah Dinas dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ibu Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si. Pada pembukaan acara, beliau menyampaikan bahwa Merujuk  pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara berhak mendapatkan pengembangan kompetensi minimal 20 jam pelajaran pertahun, maka salah satu pengembangan kompetensi yang perlu diberikan kepada seluruh Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui kegiatan Bimtek, baik bimtek yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga lain maupun bimtek yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah.

Saat ini Badan Kepegawaian Daerah berkesempatan untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tata Naskah dinas yang sangat penting diberikan karena berhubungan dengan pengelolaan administrasi persuratan resmi yang meliputi pengaturan jenis, penyiapan, format,  pengamanan, distribusi, pengesahan, serta penyimpanan naskah dinas, dan media yang digunakan untuk kedinasan. Dan naskah dinas merupakan informasi tertulis untuk alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan atau dikeluarkan oleh para pegawai dan pejabat berwenang.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2009 Tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah mengamanatkan untuk selalu berbenah diri dalam berbagai aspek, baik peningkatan kedisiplinan serta kualitas dan kompetensi ASN yang bersifat administratif maupun keterampilan teknis serta perbaikan tata laksana penyelenggaraan pemerintah guna mewujudkan good governance. Selanjutnya pengetahuan, keterampilan dan sikap aparatur dalam bidang tata naskah dinas terkait proses administrasi dalam lingkup kerjanya masing-masing adalah salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Pada hari pertama Bimtek, ,materi disampaikan oleh Narasumber dari 3 (tiga) SKPD diantaranya oleh Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bartholomeus Badar, S.H,M.M bersama tim yang menyampaikan materi tentang Tata Naskah Dinas sekaligus Penyerahan Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 80 Tahun 2019 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Nomor 102 Tahun 2019 tentang Standarisasi Penomoran Naskah Dinas Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemudian dilanjutkan dengan Materi Manajemen dan Pengelolaan Arsip yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Ir. Stef Ratoe Oedjoe,M.T, dan ditutup dengan Materi Tata Naskah Dinas e- Nadi oleh Kepala Bidang Layanan E-Government dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Koreberd Marsianus, M.Pd.

Sedangkan pada hari kedua Bimtek, materi diberikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan membawakan materi ISO 9001 – 2015. Selain pemberian materi dan contoh–contoh, Kepala Badan Kepegawaian Daerah  juga mengajak langsung para peserta Bimtek untuk mempraktekkan cara – cara untuk mencapai ISO 9001- 2015 diantaranya identifikasi isu – isu Organisasi, identifikasi kebutuhan dan harapan, analisis SWOT, bisnis proses plan, management resiko, dan audit internal. Praktek ini juga dipandu langsung oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah, Octa Grandi Floris Angi, SH yang memantau langsung setiap sub bagian/sub bidang dalam diskusi kelompok dan dipresentasikan langsung oleh masing – masing Kepala Sub Bagian/ Sub Bidang.

Bimtek Tata Naskah Dinas yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari ini berjalan dengan baik dan saat penutupan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur berharap agar kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua peserta sehingga materi-materi yang diberikan oleh para narasumber dapat diaplikasikan dalam proses penyelenggaraan pelayanan pada Badan Kepegawaian Daerah.

Penulis : Marisa I. Ngambut, SH (Analis Data dan Informasi)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top