03 Mar

Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001;2015

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Rabu dan Kamis, 26 dan 27 Februari 2020 Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu (SMM)  ISO 9001;2015. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fernandes Kantor Gubernur NTT dan diikuti oleh peserta dari 39 perangkat daerah di Provinsi NTT. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT (Henderina S. Laiskodat) beserta   Sekretaris BKD Provinsi NTT (Grandi Anggi) dan Nico Muni mewakili Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT untuk mengikuti kegiatan bimtek dimaksud. Pembicara dalam bimbingan teknis adalah Ivar Kusnadi, ST, M.Eng, Consultant Manajement dari Mitra Sejati Fazahara.

SMM 9001;2015 mengutamakan proses yang menggabungkan perencanaan, melakukan, pemeriksaan, tindakan dan berbasis resiko. Bimbingan teknis kali ini merupakan lanjutan bimbingan teknis sebelumnya pada Senin–Rabu 27-29 Januari 2019. Bimbingan teknis tahap pertama tentang penerapan Sistem Manajemen Mutu  ISO 9001;2015. Materi yang dibahas pada tahap pertama adalah isu-isu masalah, faktor-faktor internal dan eksternal, SWOT, proses bisnis, manajemen resiko.

Tahap kedua adalah penyusunan dokumen SMM 9001; 2015. Dokumen yang harus disusun untuk digunakan sebagai panduan bekerja adalah sejarah dan profil organisasi, ruang lingkup penerapan SMM, bisnis interaksi proses organisasi, Peraturan dan Perundang-undangan, struktur organisasi, konteks organisasi, sasaran mutu dan capaian kinerja. Indeks pengukuran kepuasan pemangku kepentingan, indeks analisa dan penilaian resiko (Risk Manajement Plan), hasil audit mutu internal, hasil rapat tinjauan manajemen (kaji ulang manajemen). Dalam Bimbingan teknis setiap peserta sebagai perwakilan dari instasi, harus menyusun dokumen SMM 9001;2015. Instruktur menyajikan materi dilanjutkan diskusi dengan peserta. Selanjutnya peserta menyusun dokumen SMM 9001;2015 untuk dijadikan pedoman dalam menyelesaikan pekerjaan di instansi masing-masing.

SMM 9001;2015 yang akan diterapkan di setiap perangkat daerah di Provinsi NTT dimaksudkan, agar standar bekerja di instansi masing-masing sama dengan tempat lain di dalam dan luar negeri. Semoga penerapan SMM 9001;2015 di Provinsi NTT bisa dapat dilaksanakan untuk kemajuan Provinsi NTT yang kita cintai dan  banggakan yang berdampak kepada   masyarakat NTT semakin sejahterah.

 

Penulis : Henderina S. Laiskodat, SP., M.Si (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT) 

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top