04 Apr

Berbalut kebaya, Wanita Badan Kepegawaian Daerah Rayakan Hari Kartini

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Selasa 21 April 2020.  Setiap tahun tepatnya tanggal 21 April seluruh wanita atau perempuan Indonesia pasti akan mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini (1879-1904). Bagi setiap wanita Indonesia, siapa yang tidak mengenal R. A. Kartini dan cerita tentang perjuangannya mengidamkan persamaan antara laki-laki dan perempuan. Perjuangan yang lahir dari rasa ingin menunjukkan bahwa kaum perempuan bisa berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di bidang pendidikan. Ia terlahir dalam  keluarga yang bisa mengenyam pendidikan namun akhirnya diharuskan untuk tetap berada di rumah saja. Namun R. A. Kartini memilih untuk belajar sendiri, membaca dan menulis surat untuk teman-temannya. Berbagai rintangan, baik dari penolakan orang tua, hingga dipaksa menikah pun tidak menyurutkan semangat dan keinginannya dalam memperjuangkan dan memajukan wanita Indonesia, hingga pada akhirnya Kartini pun disetujui untuk mendirikan sekolah wanita. Perjuangan R. A. Kartini menjadi contoh bagi wanita-wanita di Indonesia. Tulisan-tulisan R.A. Kartini dihimpun  dalam Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang“, yang menjadi inspirasi setiap orang yang membaca.

Selasa 21 April 2020 disaat kondisi dunia termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dilanda pandemi virus corona Covid-19 peran wanita Indonesia terkhusus wanita  Nusa Tenggara Timur bersama seluruh elemen masyarakat harus bisa mencontohi semangat R.A. Kartini. Kalimat inspiratif R.A. Kartini yang perlu diingat sampai saat ini  adalah “terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagian sempurna datang kepadamu”. Kalimat motivasi yang menginspirasi seluruh kaum wanita Indonesia dalam situasi pandemi virus Corona Covid 19. Marilah wanita Indonesia terutama wanita-wanita di Nusa Tenggara Timur untuk bersama-sama melawan virus corona  Covid 19 dengan terus-menerus memberi penyuluhan atau informasi  kepada siapa saja yang ditemui agar mengikuti anjuran pemerintah; selalu cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, menghindari kerumunan dan tetap jaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi  makanan seimbang dan berolahraga. Namun di atas segalanya kita harus berdoa. Setiap orang berdoalah kepada Tuhan yang mampu menjaga dan melindungi alam semesta dan segala isinya.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April 2020, Wanita Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur memperingatinya dengan menggunakan pakaian kebaya tujuan untuk melestarikan salah satu budaya Indonesia. Wanita Indonesia harus menjadi wanita yang mencontohi perjuangan R.A. Kartini. Wanita hebat adalah wanita yang mampu berprestasi dan berkarya di bidang masing-masing.  Selamat Hari Kartini untuk wanita hebat di Indonesia.

Berikut link video ucapan Selamat merayakan Hari Kartini dari segenap ASN BKD NTT

Penulis: Henderina S. Laiskodat (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top