06 Jun

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Peduli Lingkungan

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Badan Kepegawaian Provinsi Nusa Tenggara Timur bertempat di lantai 1 Gedung  Kantor Gubernur  Nusa Tenggara Timur, beralamatkan di jalan Eltari Kupang – NTT. Gedung ini berbentuk Sasando yang diambil dari bentuk alat musik dari Pulau Rote yang merupakan pulau terselatan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Siapa saja yang menginjakan kaki di pintu gerbang kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur, akan diperhadapkan dengan pemandangan asri karena halaman Gedung Sasando tertata rapi oleh pemikiran dan penataan tangan-tangan terampil. Terdapat bentangan rumput hijau, bunga-bunga yang tertata rapi, baik bunga tropis yang berwarna kuning, putih maupun merah, juga pepohonan hijau yang menghiasi halaman Gedung Sasando ini. Keadaan ini membuat halaman Gedung Sasando tidak saja menjadi indah tetapi juga menjadi ekosistem yang baik, tidak saja bagi kupu-kupu berbagai warna, capung, burung pipit, serta makluk hidup lainnya.

Dalam konsep pengelolaan lingkungan, sudah seharusnya memperhatikan pemanfaatan sumber daya alam, baik itu tanah, air maupun udara secara baik dan seimbang. Tata kelola lingkungan menjadi aspek penting disaat menghadapi Pandemi Corona seperti sekarang ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup kembali ke alam atau back to nature. Seimbangkan alam dengan cara hidup selaras dengan alam dimulai dari rumah, lingkungan kantor dan tempat-tempat umum lainnya. Jika ekosistem seimbang, maka rantai makanan bagi semua makluk hidup akan seimbang, termasuk virus corona yang sekarang ini kita hadapi. Setiap makhluk hidup pada habitatnya, jika alam tidak seimbang maka akan juga terjadi ketidakseimbangan kehidupan dimuka bumi.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Jumat 5 Juni 2020 Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Daerah  (BKD) Provinsi NTT memandang perlu untuk memperhatikan dan melakukan pengelolaan lingkungan, khususnya untuk penataan halaman, ruangan dan pengelolaan sampah. Dilingkungan kantor khususnya, pengelolaan sampah menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal pengelolaan lingkungan. BKD Provinsi NTT berada di Gedung Sasando yang manajemen pengelolaan lingkungannya dilakukan oleh Biro Umum Sekretariat Derah Provinsi NTT. Hal-hal yang berkaitan dengan pegelolaan sampah, terpusat dilakukan oleh Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi NTT dan setiap organisasi yang menempati Gedung Sasando, harus membuang limbah sampahnya pada tempat yang telah disediakan. Untuk sampah organik, Biro Umum akan melakukan pengolahan menjadi pupuk bokasi dengan menggunakan alat khusus, yang kemudian akan digunakan kembali untuk tanaman yang ada di lingkungan kantor. Salah satunya adalah tanaman kelor.

Sesuai instruksi Gubernur Nusa Tengara Timur (Viktor Bungtilu Laiksodat) yaitu untuk menanam kelor/marungga (Moringa oliefera), dilingkungan halaman kantor Gubernur sendiri, sudah dilakukan penamanam pohon kelor, dan diperbanyak penanamannya disepanjang pagar Gedung Sasando. Disaat Pandemi Corona, tanaman kelor sangat bermanfaat karena mengandung vitamin C yang kandungannya lebih tinggi 7 kali dari buah jeruk, serta mengandung zat-zat makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia sehingga dengan menkonsumsinya dapat membantu menjaga tubuh kita tetap sehat. Mari jaga hidup kita tetap sehat, jaga lingkungan kita tetap sehat dan Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup. Salam sehat, salam tangguh!

Henderina S. Laiskodat

 

  Penulis : Henderina S. Laiskodat, SP. MSi
                 (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT)


 

Berikut link video BKD NTT Peduli Lingkungan - Manajemen Pengelolaan Lingkungan Kantor
 

#BKDNTT #HARILINGKUNGANHIDUP #PENGELOLAANLINGKUNGAN #KEMBALIKEALAM #ECOOFFICE

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top