07 Jul

Assessment Center Provinsi NTT lakukan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Kupang

KUPANG, BKD.NTTPROV.GO.ID – Di tengah pemberlakuan new normal akibat wabah Covid19, Pemerintah Kota Kupang menyelenggarakan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) dan kembali mempercayakan pelaksanaannya kepada Assesment Center Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Naka, Jalan Frans Seda No. 21, Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dan akan berlangsung selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 8 sampai 14 Juli 2020.

Kegiatan Seleksi Pengisian JPT Kota Kupang secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Kupang, Herman Man pada Rabu, 8 Juli 2020 pukul 10.00 WITA di Hotel Naka. Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat Pemerintah Kota Kupang, 9 (sembilan) peserta seleksi, tim Assessment Center Provinsi Nusa Tenggara Timur, panitia kegiatan serta sejumlah undangan dari lingkungan Pemerintah Kota Kupang.

Dalam sambutannya, Herman Man menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Assessment Center Provinsi Nusa Tenggara Timur atas kesediaan membantu pelaksanaan kegiatan seleksi JPT ini. Ia menambahkan bahwa seleksi ini bertujuan untuk menggali potensi dan kompetensi para peserta untuk mendapatkan figure Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang terbaik bagi Pemerintah Kota Kupang. 

Ia menegaskan bahwa calon JPT harus mempunyai Vitamin “K” kompleks yang terdiri dari Kompetensi manajerial yang mencakup  kemampuan menganalisa permasalahan dalam mengambil keputusan, Kualifikasi, Kepangkatan dan Kepribadian yang berkaitan dengan integritas termasuk nilai-nilai keimanan di dalamnya. Menurutnya, seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama adalah “Important Part of Leadership” atau bagian penting dalam sistem pemerintah dan kepemimpinan di Kota ini, yang harus mampu melakukan tugas-tugas koordinasi untuk menjembatani antara kebijakan pimpinan tertinggi di Kota Kupang dengan Pemerintah Kota Kupang.

Di akhir arahannya Wakil Walikota Kupang mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kota Kupang untuk menjalankan tugas dengan tetap berfokus pada visi menjadikan Kota Kupang sebagai Kota Layak Huni. ASN Kota Kupang harus mampu menjalankan beberapa fungsi penting dalam mendukung program-program pemerintah di berbagai aspek khususnya Pelayanan Publik, Pembangunan Infrastruktur serta Penguatan Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Seleksi Terbuka JPT kali ini, Pemerintah Provinsi NTT menugaskan 6 ASN di lingkungannya dan 1 orang Psikolog yaitu : Drs. Naftaly S. Huky, M.Pub.Pol (Pengawas), Lusius Aman, S.Fil., M.Hum (Administrator), Rizky Pradita Manafe, S.Psi., M.Psi (Psikolog), Hilarius B. C. Da Silva, SE., M.Ec.Dev (Asesor), Yuliana Ratu (Asesor), Fideon Gotlif Siokain, SH (Asesor) dan Santa Anna Trihastuti, S.Kom., MIS (Petugas Minlap)

Penulis : Santa Anna Trihastuti, S.Kom., MIS
 

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top