09 Jun 21

Arahan Gubernur NTT Dalam Kunjungan Kerja Ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Rabu, 9 Juni 2021,  bertempat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Timur,  tepatnya Lantai Satu Gedung Sasando (satu lantai dengan ruang kerja Gubernur Nusa Tenggara Timur),  kami seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada BKD Provinsi NTT menyambut kunjungan Gubernur NTT; Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat bersama dua orang Staf Khusus,  Anwar Pua Geno, SH dan DR. Ima Blegur.
Agenda dalam kunjungan Bapak Gubernur adalah memberi arahan kepada Aparatur  Sipil Negara (ASN) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT.  Arahan diawali dengan Bapak Viktor B. Laiskodat memberi respek kepada seluruh ASN di BKD NTT atas kerja yang telah dilakukan.  Pernyataan ini disambut tepuk tangan oleh seluruh ASN BKD NTT.  Bapak Viktor memberi  apresiasi terhadap semangat dan hasil kerja yang dicapai.  Gubernur NTT menyatakan sangat senang jika seluruh perangkat mempunyai standar kerja sesuai visi dan misi, spirit, kemampuan melakukan perubahan sebagai representasi dari mimpi-mimpi Gubernur melalui visi, misi, prioritas dan program kerja yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023.
Bertepatan dengan kunjungan Gubernur NTT ke BKD pada hari Rabu maka Bapak Viktor B. Laiskodat menekankan agar setip ASN pada hari Rabu menggunakan Bahasa Inggris, sesuai Peraturan Gubernur NTT Nomor 56 Tahun 2018. Hal ini untuk mendukung pariwasata sebagai primemover pembangunan NTT. Tujuannya agar seluruh ASN bisa melakukan pelayanan kepada turis internasional yang berkunjung ke NTT menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa adalah ketrampilan sehingga harus secara terus-menerus dilatih”, lanjut Gubernur NTT. Untuk itu Gubernur NTT memotivasi agar seluruh ASN bisa berbahasa Inggris dalam percakapan. 
Aset terbesar di Provinsi NTT adalah pelayan publik dalam hal ini Aparatur Sipil Negara Provinsi NTT. Pemimpin harus terus-menerus mempimpin timnya. Pemimpin yang berpikir dan bekerja  maju dipastikan timnya maju. Dan kepepimpinan merupakan kunci keberhasilan. Pemimpin harus manajerial, memberi  petunjuk/contoh, mendesain, berpikir out of the box dan membangun sistem kerja yang baru untuk menjawab tantangan yang ada. Bekerja juga harus melakukan kombinasi pekerjaan dengan rileks agar bisa mendapat ide-ide baru. Dalam bekerja harus tetap disiplin untuk menghasilkan pekerjaan sesuai dengan target dan kreativitas dari tim kerja.
Gubernur mendorong agar ASN menuntut ilmu untuk meningkatkan pegetahuan. Kerberhasilan bisa dicapai salah satunya karena pendidikan. Karena orang yang bersekolah akan memaksakan kemampuan berlatih untuk berpikir dan menganalisa secara cepat. Gubernur juga mengajak semua ASN untuk belajar setiap hari, agar mempunyai kemapuan majemuk dalam pelaksanaan tugas di pemerintahan ini.  ASN harus bekerja secara luar biasa agar menghasilkan sesuatu yang luar biasa. ASN yang mempunyai kemampuan lebih diharapakan dapat menjadi agen perubahan ditempat kerja atau perangkat daerah lain untuk maju secara bersama.
Akhir kata Bapak Viktor B. Laiskodat menyampaikan terima kasih atas  semangat kerja luar biasa serta perubahan yang tergambar dari Aparatur Sipil Negara di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT dalam  mendukung misi kelima  Gubernur NTT yaitu  mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan dan meningkatkan pelayanan publik. “Jika itu semua dilakukan dengan benar,  akan membantu saya, tapi bukan untuk saya, melainkan untuk kita semua, masyarakat NTT, untuk martabat kita bersama”, pesan Gubernur NTT.
Menutup tulisan ini kami seluruh Aparatur Sipil Negara BKD NTT mengucapkan terima kasih kepada  Gubernur NTT; Bapak Viktor B. Laiskodat yang telah melakukan kunjungan kerja dan memberi arahan. Kami akan menggunakan ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Penulis : Henderina S. Lasikodat

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top