05 May

Apresiasi Kepada Bapak Ibu Guru Dalam Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020

Kota Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Sabtu, 02 Mei 2020. Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 merupakan momentum bersejarah bagi setiap kita yang memperingatinya. Di tahun 2020 ini, kita memperingati Hardiknas dalam kondisi bangsa di tengah wabah Covid-19. Dalam kondisi ini peran guru dan orang tua sangatlah penting dalam mendidik anak. Kita dituntut untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Pendidikan saat situasi pandemi Covid-19 berbeda dengan kondisi yang biasanya dialami oleh siswa di sekolah. Pendidikan yang efektif, membutuhkan kolaborasi dari guru, siswa dan orang tua. Guru-guru memberi pembelajaran secara virtual agar anak-anak bisa belajar dari rumah, karena pendidikan yang efektif bukan saja di sekolah namun di mana saja.

Dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan untuk tetap tinggal di rumah. Segala pekerjaan, termasuk siswa pun harus ikut belajar dari rumah. Seluruh usaha ini semata-mata merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pada kondisi seperti ini, timbul rasa empati terhadap guru, bahwa selama ini tidaklah mudah bagi guru dalam mendidik anak-anak bangsa untuk meraih masa depan. Guru yang memperkenalkan anak didik huruf dan angka, memberi makna terhadap huruf dan angka, sehingga makna kata dan bilangan dapat dimengerti.

Untuk seluruh kerja keras yang didedikasikan oleh bapak ibu guru, maka sudah sepatutnya jika bapak ibu guru diberi penghormatan dan disebut sebagai pelita dalam kegelapan dan pahlawan tanpa tanda jasa. Pendidikan dapat mewujudkan begitu banyak nilai-nilai Pancasila, budaya kearifan lokal, hidup rukun, gotong royong, kekeluargaan, peduli terhadap sesama, peduli terhadap lingkungan, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan lain sebagainya. Karena melalui pendidikan, kita bisa menjadi bangsa yang maju, hebat, besar dan mandiri.

Pada kesempatan memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2020, 5 orang perempuan yang juga merupakan 5 Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengekspersikan begitu besar jasa bapak ibu guru dalam dunia pendidikan. Kelima perempuan dimaksud adalah:

•  Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT : Henderina S, Laiskodat, SP, M.Si.
•  Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi NTT : Dra. Hildegradis Bria Seran.
•  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT : Sylvia R. Pekujawang, SP, MM.
•  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTT : Johana Lisapaly, SH, M.Si.
  Inspektur Daerah Provinsi NTT : Ruth D. Laiskodat, S.Si, Apt, MM.

Kelima perempuan yang menjabat Pimpinan Tinggi Pratama di Pemerintah daerah Provinsi NTT memberikan apresiasi  kepada bapak ibu guru yang luar bisa.
Selamat Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2020,  tetap semangat meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19.  NTT Bangkit, NTT Sejahtera.

Henderina S. Laiskodat

 

  Penulis : Henderina S. Laiskodat
                 (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT)

 

Berikut link video ucapan HARDIKNAS 2020 - NTT Bangkit, NTT Sejahtera!

#PROVINSINTT #PROVINSINTTUNTUKPENDIDIKAN #UCAPANINSPIRATIFHARDIKNAS #HARDIKNAS2020

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top