07 Jul

Aplikasi Docudigital Bkn Sebuah Layanan Baru Menuju Paper Less

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Pelayanan Kepegawaian di era industri 4.0 dituntut untuk semakin efektif dan efisien. Berbagai inovasi diciptakan guna mencapai pelayanan kepegawaian yang demikian. Salah satunya adalah pelayanan kepegawaian berbasis paper less. Di lingkungan kerja Kantor Regional X BKN Denpasar sendiri sudah menerapkan pengusulan berkas Kenaikan Pangkat melalui aplikasi X Apple BKN pada periode April 2020.

Pada hari Kamis, 23/7/2020 melalui Video Conference, Badan Kepegawaian Negara mengadakan pelatihan teknis penggunaan aplikasi DOCUDigital BKN. Deputi Bidang Mutasi, Aris Widiyanto, saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa BKN terus berinovasi untuk tidak lagi menggunakan kertas maupun berkas yang menumpuk dan menggantinya dengan berkas digital atau soft copy dalam bentuk PDF. “Hadirnya aplikasi DOCUDigital BKN ini merupakan bagian dari percepatan layanan kepegawaian, terutama di masa pandemic yang mengharuskan kita untuk meminimalisir bertemu/kontak secara fisik,” ungkap beliau. DocuDigital adalah aplikasi pendukung Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN yang berfungsi sebagai media untuk menggunggah dokumen digital dalam proses pengusulan layanan kepegawaian seperti kenaikan pangkat dan pensiun Aparatur Sipil Negara, sehingga proses pengiriman dokumen dilakukan lebih cepat dan efisien.

Kegiatan pelatihan teknis penggunaan aplikasi DOCUDigital ini dihadiri pengelola kepegawaian dari BKD Provinsi di seluruh Indonesia. Acara ini diisi dengan pemaparan materi oleh Deno, Pranata Komputer Muda pada Kantor Regional BKN XII Pekanbaru. DOCUDigital BKN, aplikasi layanan mutasi kepegawaian yang merupakan terobosan join development antara Kantor Regional XII BKN Pekanbaru dengan BKN Pusat melalui Kedeputian Sinka dan Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian.

Dalam pemaparannya, Deno menyampaikan beberapa kelebihan Aplikasi DocuDigital. Pertama, Dokumen usulan Kenaikan Pangkat sudah terdigitalisasi, sehingga mengurangi kemungkinan hilang atau terselip. Kedua, User instansi tidak harus melakukan input ulang usul kenaikan pangkat, cukup melakukan sinkronisasi dengan SAPK BKN dan Alur Aplikasi DocuDigital sama dengan Alur SAPK BKN sehingga mudah dipahami oleh user instansi. Ketiga, Proses dari penyelesaian berkas dapat diakses dan dimonitoring secara up to date pada monitoring usulan. Keempat, Memberikan informasi secara langsung kepada user instansi melalui notifikasi Aplikasi Whatsapp.

Secara singkat alur penggunaan: Instansi terlebih dahulu menyelesaikan proses pengusulan Kenaikan Pangkat pada SAPK BKN hingga selesai dan mengirim data usulan kepada BKN. Kemudian pada H+1 setelah proses pengusulan kenaikan pangkat, user instansi dapat melakukan Sinkronisasi Usulan Kenaikan Pangkat dengan DocuDigital dari data SAPK. Setelah itu melakukan unggah dokumen digital yang dibutuhkan sesuai syarat Pengusulan Kenaikan Pangkat pada DocuDigital.

BKN akan melakukan proses layanan melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung unggah dan unduh dokumen elektronik melalui https://docudigital.bkn.go.id dalam waktu dekat. Layanan kenaikan pangkat akan menggunakan DOCUDigital BKN mulai periode 1 Oktober 2020, sedangkan untuk layanan Pensiun PNS, Pejabat Negara, dan Janda Duda dimulai sejak 1 Agustus 2020.

 

Penulis : Arnoldus Gradus Wudalina, S.STP

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top