03 Mar

Abraham Lianto (Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI) Berkunjung ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT

Kota Kupang, BKD NTTPROV.GO.ID - Selasa 10 Maret  2020, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (BKD Provinsi NTT) Henderina S. Laiskodat dan jajaran menyambut kedatangan anggota DPD RI Bapak Abraham Lianto diruang rapat BKD Provinsi NTT.

Pertemuan dimulai dengan ucapan selamat datang dari Kepala BKD Provinsi NTT dan menyampaikan evaluasi kegiatan BKD selama tahun 2019 serta rencana kerja tahun 2020. Dalam pemaparan tersebut sekaligus menyampaikan kegiatan BKD dengan program pembinaan dan pengembangann kepegawaian. Sesuai Indikator kinerja utama yang ada di  RPJMD Pemerintah Daerah tahun 2018-2023. BKD mempunyai dua indikator kinerja utama. Pada kesempatan kunjungan ini dijelaskan juga kegiatan, target dan hasil yang telah dicapai tahun 2019 dan yang akan dicapai di tahun 2020. Setelah Kepala BKD Provinsi NTT menyampaiakan pemaparan, maka dilanjutkan dengan penyampaian maksud kedatangan Bapak Abraham Lianto dan jajarannya ke BKD Provinsi NTT. Maksudnya adalah memperkenalkan tugas DPD RI dan juga ingin mengetahui tugas-tugas apa saja yang akan dibicarakan ditingkat nasional. Pada kesempatan yang sama anggota DPD RI ingin mengetahui sejauh mana reformasi birokrasi di Provinsi NTT.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, perlu dilakukan penataan terhadap sistem penyelengggaraan pemerintah efektif dan efisien, tetapi juga reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu alasan yaitu mempercepat atau memperpendek pelayanan publik. Alasan ini masih diragukan oleh berbagai pihak. Untuk itu sejalan dengan visi dan misi Pembangunan Provinsi  NTT tahun 2018-2023 dibawa pimpinan Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef A. Nae Soi dengan VISI NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Dan Misi yang kelima Mewujudkan Reformasi Birokrasi Pemerintahan dan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Untuk menjawab reformasi birokrasi dari aspek aparatur maka setiap ASN Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) harus paham dengan makna reformasi birokrasi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing. 

Dalam pemerintahaan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 telah melakukan reformasi dimulai dari merampingkan perangkat daerah dari 49 menjadi 39. Selanjutnya perampingan jabatan struktural. Untuk perampingan jabatan struktural khusus untuk pelayanan publik, investasi dan perijinan. Untuk itu, Pemerintah Daerah NTT telah mempersipkan melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi NTT.

Salah satu cara mewujudkan reformasi birokrasi dengan elektronik government. Seluruh perangkat daerah perlu melakukan kegiatan berbasis data, secara elektronik dan terpusat. Pemerintahaan Daerah Provinsi NTT sudah mulai membenahi di setiap perangkat daerah sesuai tugas dan fungsi, antara lain kegiatan surat masuk keluar online, daftar hadir terintegrasi penilaian prestasi kerja online, laporan evaluasi online, laporan keuangan online, indeks kepuasan masyarakat online dan berbagai kegiatan yang dilakukan secara elektronik. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Daerah NTT berkomitmen melaksanakan reformasi birokrasi di setiap lini. Untuk menjawab tantangan ini sampai tingkat desa maka perlu pembenahan infrastruktur listrik,  jaringan internet dan terlebih peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Berbagai informasi telah disampaikan ke anggota DPD RI dan diharapkan berbagai poin yang belum berjalan baik, marilah kita bersama-sama membangun daerah NTT dari tugas dan fungsi kita masing-masing. Diakhir kunjungan, dilakukan pengambilan gambar bersama angota DPD RI dan Aparatur Sipil Negara di lingkup BKD Provinsi NTT.

Penulis : Henderina S. Laiskodat, SP., M.Si (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top