“Sersan BUP” Hasilkan Langkah Percepatan Layanan Pensiun Pegawai

Kupang, bkd.nttprov.go.id – Bertempat di Ruang Rapat Lingae BKD Provinsi NTT, Perwakilan Kantor Regional X BKN Denpasar, PT Taspen Cabang Kupang dan BKD Provinsi NTT mengadakan temu koordinasi bertajuk “Sersan BUP, Serius Tapi Santai Bersinergi Urusan Pensiun” pada Selasa, 25 Juni 2024. Kanreg X BKN Denpasar diwakili oleh Gusti Ayu Putu Lili Santina, Analis SDM Aparatur sekaligus person in charge (PIC) urusan pensiun pegawai untuk Pemerintah Provinsi NTT, Kabupaten TTU, Kanwil Depag dan PT Taspen Cabang Kupang. Sementara dari PT. Taspen Cabang Kupang, hadir langsung branch manager, M. Famuji dan pengelola layanan Taspen, Susanto Heru.

rapat-percepatan-layanan-pensiun-bkdntt

Dalam kegiatan tersebut berbagai permasalahan teknis mengenai penyelesaian administrasi pensiun didiskusikan dan diputuskan solusinya. Terdapat beberapa masalah yang mencuat seperti keterlambatan pengajuan usul penetapan pertek, kurangnya akurasi data penerima pensiun, peremajaan data pegawai yang tertunda hingga proses usulan pensiun, para pensiunan PNS yang belum familiar dengan Taspen Online Service (TOS), dan berbagai permasalahan teknis lainnya.

Menanggapi ­sharing pengalaman dari para peserta, Ibu Lili Santina menegaskan antara lain agar BKD Provinsi NTT mengajukan usul penetapan pertek minimal 15 (lima belas) bulan sebelum TMT Pensiun.

“Bahkan kalau hingga 3 (tiga) bulan menjelang pensiun, seorang calon pensiun belum memasukan berkas usulan, maka PPK atau PyB bisa mengajukan usul pensiun yang bersangkutan dengan menggunakan data yang ada. Itu ada aturannya, dalam pasal 8 huruf i Peraturan BKN Nomor 3 Tahun 2020,” tutur Ibu Lili.

Ia juga mengharapkan BKD Provinsi NTT untuk melakukan peremajaan data secara real time, tidak menunggu seseorang pensiun, tetapi setiap kali ada perubahan data PNS  seperti data pendidikan, keluarga, alamat tinggal, dll serta setiap kali ada proses mutasi baik mutasi pangkat, jabatan, pindah unit kerja, dll. Menurutnya, selain ketepatan waktu penerbitan SK, akurasi data juga adalah kunci suksesnya layanan pensiun.

“Akhirnya perlu saya ingatkan lagi, kalau ada permasalahan terkait pensiun, kontak saya,” pungkas Ibu Lili dengan tegas.

Perwakilan PT Taspen Cabang Kupang, Susanto Heru, dalam presentasinya mengemukan beberapa inovasi yang dilakukan PT Taspen dalam mempercepat layanan pensiun seperti Taspen Online Service. Terhadap presentasi tersebut, Ibu Lili Santina meminta kepada PT Taspen Cabang Kupang untuk aktif menyosialisasikan layanan TOS kepada semua PNS. Ia juga meminta pihak BKD Provinsi NTT untuk mengundang PT Taspen bila ada kegiatan-kegiatan yang menghadirkan para PNS agar bisa mendapatkan sosialisasi tentang aplikasi TOS dari PT Taspen.

Di sela-sela kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan SK Pensiun oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pendidikan dan Sistem Informasi Pegawai, Fransiskus A. Wotan, S.Sos dan penyerahan secara simbolis THT Pensiun oleh Branch Manager PT. Taspen (Persero) Cabang Kupang kepada 4 (empat) orang perwakilan dari para calon pensiun yakni Barnabas Manu (Dinas Koperasi dan UMKM), Hendrika Bhiju (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan), Jublina Mone (RSUD. Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang) dan Yohanes Koly (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

Kegiatan Sersan BUP sejatinya merupakan sebuah temu koordinasi yang melibatkan para pemangku kepentingan untuk mempercepat layanan administrasi penetapan pensiun bagi ASN. Program ini memiliki semboyan “Pensiun Tepat Waktu, Pensiunan Bahagia.”

Penulis: Luis Aman (BKD Provinsi NTT)