Kepala BKD Prov. NTT Raih Prestasi Pencatatan Ciptaan Kekayaan Intelektual Terbanyak di NTT melalui Aplikasi CAT Assessment Center BKD Prov. NTT

Kota Kupang, bkd.nttprov.go.id – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si kembali meraih prestasi gemilang dengan memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual atas inovasi aplikasi Cat Assessment Center, bersama dengan Pranata Komputer Pertama, Aprilianus Kristianus Lalo, S.Kom. sertifikat pengakuan ini diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maricana Dominika Jone, SH pada Selasa, 19 Maret 2024 bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Surat Pencatatan Ciptaan dengan nomor 000568998 menandai prestasi BKD Provinsi NTT sebagai instansi pemerintah yang terbanyak memiliki hak kekayaan intelektual di NTT.

“Keberhasilan ini mencatatkan BKD Provinsi NTT sebagai instansi terbanyak yang mencatatkan kekayaan intelektualnya”, tegas Marciana.

Aplikasi Cat Assessment Center yang dikembangkan oleh Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si bersama ASN BKD Provinsi NTT, Pranata Komputer Pertama, Aprilianus Kristianus Lalo, S.Kom. Aplikasi ini telah mencatat sejarah baru dalam manajemen sumber daya manusia ASN, dengan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas proses penilaian potensi dan kompetensi ASN di Provinsi NTT. Dengan memadukan pendekatan konvensional dan teknologi terkini, aplikasi ini memungkinkan BKD untuk melakukan penilaian Potensi dan Kompetensi ASN secara lebih akurat, efektif dan efisien.

Prestasi ini bukanlah yang pertama bagi BKD Provinsi NTT dalam meraih pengakuan atas inovasinya. Sebagai penghargaan yang ke tujuh kalinya, pencapaian ini menegaskan komitmen BKD Provinsi NTT dalam mengembangkan manajemen dan pelayanan kepegawaian yang lebih modern dan efisien. Sebelumnya, BKD Provinsi NTT telah mencatatkan kepemilikan ciptaan melalui pencatatan akan Mars BKD Provinsi NTT, Jinggle BKD Provinsi NTT, Maskot BKD Provinsi NTT, Logo Assessment Center BKD Provinsi NTT, Aplikasi SIKinerja dan Aplikasi SIP Cuti.

Mengomentari pencapaian tersebut, Kepala BKD Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si , menyatakan, “Penghargaan ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras tim kami dalam menciptakan solusi inovatif untuk mendukung pembangunan SDM ASN di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi demi meningkatkan kualitas layanan dan efektivitas manajemen kepegawaian di Provinsi Nusa Tenggara Timur.”

Sejak diluncurkan Senin, 4 Maret 2023, aplikasi ini telah mulai digunakan dalam berbagai kegiatan penilaian potensi dan kompetensi ASN seperti dalam kegiatan Seleksi JPTP Kabupaten Manggarai Barat, Seleksi JPTP Kabupaten Belu dan Pemetaan Kompetensi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kupang. “Aplikasi ini lebih memudahkan kami dalam mengerjakan setiap simulasi yang diberikan asesor, karena lebih user friendly dibandingkan metode sebelumnya yang masih berbasis Google Form” kata Yoos Djami, seorang peserta Seleksi JPTP Kabupaten Belu pada Selasa, 12 Maret 2024.

Keberhasilan BKD Provinsi NTT dalam meraih Hak Kekayaan Intelektual atas aplikasi CAT Assessment Center menunjukkan bahwa inovasi menjadi kunci dalam transformasi peningkatan pelayanan kepegawaian khususnya penilaian potensi dan kompetensi ASN di Nusa Tenggara Timur.

Yohanes Tael Lim, Asesor SDMA