Komit Lestarikan Budaya Lokal : BKDNTT Persembahkan Tarian “Soka Raja Lima” dan Lagu “Soka Seleng” pada HUT NTT ke-65

Kupang, bkd.nttprov.go.id – Desember 2023, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah di Indonesia yang terdiri pulau-pulau besar dan kecil, yang terbagi dalam 22 Kabupaten/Kota. Dengan kondisi geografis berbentuk wilayah kepulauan tersebut, NTT dianugerahi kekayaan dan keanekaragaman adat dan budaya yang melekat sebagai warisan budaya yang ditinggalkan para leluhur. NTT (akronim dari Nusa Tenggara Timur) resmi menjadi sebuah provinsi pada 20 Desember 1958, lewat Undang-Undang No. 64 tahun 1958 tahun 1958 tanggal 11 Agustus 1958 yang mulai berlaku pada 14 Agustus 1958. Perjalanan panjang membawa Bumi “Nusa Terindah Toleransi” kini menginjak usia 65 tahun. Puncak perayaan peringatan 65 Tahun Provinsi NTT dirayakan bersama oleh segenap ASN Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, ditandai dengan upacara bersama pada hari Rabu, tanggal  20 Desember 2023 yang dipimpin langsung oleh Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Bapak Ayodhia G.L. Kalake S.H.,M.D.C., bertempat di lapangan Kantor Gubernur NTT.

Dalam rangka memperingati HUT NTT ke-65, segenap ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mempersembahkan tarian  “Soka Raja Lima”   dan lagu daerah “Soka Seleng”. Keduanya berasal dari Kabupaten Flores Timur, yang mana tarian “Soka Raja Lima”  sendiri menceritakan sekelompok pria gagah perkasa yang mengusung seorang mempelai pria untuk melamar wanita di tengah keluarga, diawali dengan acara adat. Ada pun sekelompok pria menarikan tarian “Gedung” simbol dari keperkasaan laki laki Flores Timur. Tarian ini terinspirasi dari tarian “Dolo Dolo” dan “Gedung” yang dikemas menjadi suatu bentuk tari pertunjukan yang menarik dengan diiringi musik lagu “Raja Lima”.

Persembahan ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT ini dikemas dalam bentuk video yang berlokasi di halaman Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Area Taman Patung Ina Bo’i Kota Kupang. Proses latihan dan persiapan dilaksanakan sejak bulan November, sedangkan proses perekaman suara dan pengambilan gambar masing-masing dilaksanakan pada tanggal 27 November 2023 (rekaman suara) dan 12 Desember 2023 (shooting) seluruhnya dibawah arahan pelatih vokal Bapak Lusius Aman (Asessor SDM Aparatur – BKD Provinsi NTT) dan Koreaografer Pius A. Oktaviani Dato atau yang biasa disapa “kak Aya” (Pegawai pada UPTD Taman Budaya – Dinas Pendidikan Provinsi NTT). Berperan langsung sebagai penari maupun paduan suara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, Ibu Henderina S. Laiskodat, SP. M.Si, para Pejabat Administrator, para Pejabat Pengawas dan segenap ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT tampil dengan memukau dalam balutan Pakaian Adat Flores Timur. Semangat dan antusias ini menunjukan bahwa ASN Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT mencintai dan mengapresiasi peninggalan Adat dan Budaya NTT.

Sejak masa kepemimpinan Ibu Henderina, disela tugas dan fungsinya sebagai instansi pembina kepegawaian di daerah, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT aktif menggaungkan pentingnya melestarikan kekayaan Adat dan Budaya lokal NTT agar tidak memudar seiring perkembangan modernisasi. Ini terbukti dengan konsistensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT yang secara aktif menampilkan tarian dan lagu tradisional khas NTT dengan agenda rutin yang dilaksanakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada peringatan HUT Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus dan HUT Provinsi NTT setiap tanggal 20 Desember. Tahun ini menjadi tahun ke-3 (tiga) Badan Kepegawaian Provinsi NTT menampilkan tarian dan lagu tradisional khas NTT yang dipublikasikan melalui kanal resmi youtube Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT. Penasaran seperti apa penampilan dari ASN Badan Kepegawaaian Daerah Provinsi NTT?

Simak “Tarian Soka Raja Lima” melalui link : [Spesial HUT NTT ke-65] Tarian Soka Raja Lima | Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT (youtube.com) dan Lagu “Soka Seleng” melalui link : [Spesial HUT NTT ke-65] PS. Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT – Soka Seleng

DIRGAHAYU NTT KU!!

Penulis : Apoll Pingak